Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dinkes Pastikan Wonosobo Bebas Penyakit Malaria

malariaWonosobo, Jowonews.com – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memastikan kabupaten Wonosobo bebas malaria. Hal itu dipastikan berdasarkan penghitungan tim penilai malaria pusat dan provinsi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Okie Hapsoro, Kabupaten Wonosobo dinyatakan memenuhi syarat untuk mendapat sertifikasi eliminasi atau bebas malaria Tahun 2015. Dikatakan Okie, Wonosobo menjadi salah satu dari 17 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat sertifikasi bebas malaria.

“Keberhasilan mendapat sertifikat eliminasi malaria tersebut, katanya, tidak lepas dari suksesnya upaya menurunkan jumlah penderita sepanjang Tahun 2000 hingga 2014,” katanya.

Dikatakan Okie, jumlah penderita malaria di Wonosobo pada 2000 mencapai 4.246 kasus, tahun 2005 turun menjadi 546 kasus, kemudian turun lagi menjadi 129 kasus pada 2010, dan hingga pada akhir 2014 tinggal 28 kasus. “Dari 28 kasus tersebut tidak ada lagi kasus malaria lokal atau semuanya berasal dari luar daerah,” katanya. (JN03)

BACA JUGA  Kemenkes Minta Warga Waspadai Malaria Saat Pandemi COVID-19

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...