Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Disnakertrans Tarik Kembali Bantuan Mesin Jahit

buruh di jateng (Foto : Kompas)

SEMARANG, Jowonews.com– Memalukan!…Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Semarang secara mengejutkan menarik kembali 10 mesin jahit dan beberapa perlengkapan pendukung untuk bisnis menjahit, yang beberapa waktu lalu diberikan kepada warga Kelurahan Telogosari Kulon sebgai bantuan hibah.

Kepala Kelurahan Tlogosari Kulon Eko Yuniarto mengungkapkan, alasan penarikan bantuan sosial ini mengacu pada UU no 23 tahun 2014. Dimana, hibah barang hanya bias diberikan kepada kelompok masyarakat yang sudah berbadan hukum dan diakui Kementrian hukum dan HAM.

Hal ini dikhawatirkan akan mengundang tudingan miring dari warga. Pasalnya, dari penarikan bantuan ini, warga yang telah menerima bantuan, terpaksa gulung tikar lantaran tidak bisa berbisnis jahit.

“Harapan kami bantuan benar-benar dibutuhkan dan sudah digunakan untuk usaha. Bahkan sudah dipasarkan dan hasil cukup bagus dijual jual untuk umum. Kami ingin agar mesin jahit bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat,” harapnya, Kamis (12/11).

Harapan serupa diungkapkan Rini, salah satu penerima hibah. Dimana, dari hibah tersebut dirinya selama ini menerima pesanan keset dari bahan dasar kain perca. “Sebenarnya kami sayang lantaran sudah sempat merasakan hasilnya. Dan sakarang barang diambil kemabali. Tapi mau bagaimana lagi, ini juga kebijakan pemerintah,” ungkapnya.

Tidak saja berhenti mendapatkan uang Rp 8 ribu dikalikan jumlah pesanan keset yang dihasilkan, namun dirinya harus menyimpan kain perca sisa pembelian barang yang sebelumnya dilakukan. Seperti menjilat ludah sendiri, hibah yang ditarik merupakan barnag yang diberikan kepada sebanyak 10 rumah tangga peserta pelatihan yang digelar pemerintah melalu Dinas Ketenaga Kerjaan.

“Untuk alas an apa yang benar memang disampaikan penerima harus berbadan hokum. Tapi, ada juga yang bilang barang yang diberikan Disnakertran kepada warga itu belum dibayar oleh pemerintah. Mana yang benar kita tidak tahu yang kita tahu jelas barang sudah sempat memberi manfaat kepada kami dan sekarang ditarik,” pungkasnya sembari mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah kota tersebut. (JN01/JN03)

BACA JUGA  Takut Ditangkap, Pengedar Sabu Tewas Tenggelam Saat Berusaha Kabur

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...