Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dosen UKSW Salatiga Mendapat Predikat Senior Member dari Organisasi Bidang Teknik Terbesar Dunia

Dosen UKSW Salatiga Mendapat Predikat Senior Member dari Organisasi Bidang Teknik Terbesar Dunia

SALATIGA – Dosen Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga telah mendapatkan predikat senior member dari organisasi profesi International Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Asosiasi bidang teknis terbesar di dunia itu memberikan gelar tersebut pada Maret 2023.

Sosok tersebut adalah Dosen Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) UKSW Salatiga, Dr. Ing.Ivanna K.Timotius.

“Hanya sekitar sepuluh persen dari seluruh anggota IEEE yang menyandang predikat senior member. Saat ini di Indonesia hanya ada sekitar 45 anggota senior IEEE,” ujar Ivanna yang juga Wakil Dekan FTEK UKSW, pada Selasa (7/3/2023).

IEEE adalah organisasi insinyur profesional terbesar di dunia dengan lebih dari 400.000 anggota di lebih dari 160 negara. IEEE dan anggotanya menginspirasi komunitas global melalui publikasi, konferensi, standar teknis, kegiatan profesional dan pendidikan.

Menurut Ivanna, untuk mendapatkan gelar anggota senior IEEE, membutuhkan setidaknya 10 tahun pengalaman teknik dan dukungan dari tiga anggota senior IEEE.



Persyaratan tambahan lainnya yakni memiliki pengalaman luas yang mencerminkan pencapaian dan kematangan profesional, dan bukti setidaknya lima tahun pencapaian signifikan di bidangnya.

Sedangkan Ivanna Timotius memiliki pengalaman profesional di bidang teknik selama kurang lebih 18 tahun. Menyelesaikan pendidikan S1 di UKSW pada tahun 2003. Ia kemudian menyelesaikan gelar Master of Science dari Chung Yuan Christian University (CYCU) Cung Li, Taiwan. Sementara gelar doktor of Ingenieurwissenschaften di Friedrich-Alexander University (FAU) Erlangen-Nurnberg, Germany pada 2020.

Selama kiprahnya di dunia pendidikan, Ivanna Timotius telah menerbitkan beberapa publikasi akademik, antara lain 15 makalah di jurnal internasional, 14 makalah di jurnal nasional, dan 38 makalah di konferensi internasional.

Salah satu prioritas penelitian Ivanna Timotius dijabarkan dalam buku “Computational Methods for Gait Analysis in Rodents” yang diterbitkan oleh FAU University Press, Erlangen, Germany tahun 2020.

BACA JUGA  Inovasi Es Krim Singkong di Salatiga, Rendah Gluten dan Dapat Dikonsumsi Siapa Saja

Buku ini menjelaskan beberapa metode untuk menganalisis pola gerak pada hewan pengerat, yang membantu perkembangan penelitian terkait penyakit Parkinson (PD), penyakit Huntington (HD), dan cedera tulang belakang (SCI).

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...