Jowonews

Logo Jowonews Brown

DPRD Harapkan Dokter di Jateng Bekerja Secara Profesional

SEMARANG, Jowonews.com – Kesejahteraan masyarakat untuk mendapatkan kesehatan yang layak masih menyisakan beberapa kendala, salah satunya adalah dukungan tenaga medis yaitu dokter profesional yang mampu memenuhi kebutuhan mereka.

Hal tersebut menjadi tema diskusi yang diadakan oleh Unika Soegijapranata, dalam acara semiloka bertempat di ruang Auditorium Soegipranata, Senin (2/7/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DRPD Jateng Rukma Setyabudi bersama dua narasumber lainnya, Kepala Dinkes Jateng dokter Yulianto Prabowo dan akademisi Fakultas Kedokteran Undip Djoko Handoyo menggagas untuk meningkatkan kualitas lulusan dokter yang handal dan berkompeten.

Rukma mengharapkan kualitas dokter lulusan Fakultas Kedokteran Unika dapat terjun ke masyarakat secara profesional dan berkompetensi. Selain itu diharapkan sebagai agen perubahan di dunia kesehatan untuk ikut andil menangani permasalahan kesehatan di Jateng.

“Kami dari kalangan dewan sangat berharap petugas tenaga medis dapat bekerja secara profesional dan berkompetensi memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, lulusan dokter nantinya diharapkan ikut andil menangani permasalahan kesehatan yang ada di Jateng karena merupakan tanggung jawab bersama,” terang Rukma.

Yulianto Prabowo mengharapkan lulusan dokter tidak hanya unggul dalam bidang akademik namun dapat bekerja dengan hati.

“Provinsi Jawa Tengah menginginkan tenaga medis yang nantinya lulus tidak hanya dapat bertugas secara profesional namun bisa bekerja dengan hati. Hal tersebut sangat dibutuhkan karena kerja dengan jiwa yang damai dapat memberikan pasien ketenangan dalam proses pengobatan,” harap dia.

Hal serupa juga ditekankan Akademisi Kedokteran Undip, Djoko Handoyo mengingatkan bahwa kode etik kedokteran harus tertanam sampai dalam hati karena memutuskan menjadi dokter adalah sebuah pengabdian bukan hanya profesi semata.

“Harapan yang sangat dalam kepada para lulusan yang nantinya dihasilkan adalah bekerjalah sebagai dokter secara profesional mematuhi kode etik kedokteran dan dapat mengabdi secara penuh karena profesi dokter adalah pekerjaan mulia,”katanya. (ADV/JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...