Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

DPRD Jateng Apresiasi Pabrik Pengolahan Limbah di Klaten

KLATEN, Jowonews.com – Komisi D DPRD Jateng memantau pengerjaan pabrik pengolahan limbah yang berlokasi di Desa Daleman Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten, Rabu (11/7/2018). Saat berada di lokasi, Dewan meminta pelaksana proyek untuk tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terjadi gejolak selama pabrik itu didirikan.

“Kami berharap proyek pabrik limbah itu tidak terhambat karena adanya gejolak dari masyarakat,” kata Jayus, Sekretaris Komisi D DPRD Jateng.

Ia mengaku sangat apresiatif dengan adanya pembangunan pabrik tersebut. Karena, nantinya limbah olahan itu dapat menjadi biogas yang bermanfaat bagi warga desa setempat.

“Kami berpesan, saat pabrik itu sudah selesai dibangun dan beroperasi, pengelolaannya harus diperhatikan sehingga pabrik dapat terus memproduksi biogas,” harap Legislator PAN itu.

Sementara, Anggota Komisi D DPRD Jateng Siti Ambar Fathonah bertanya kepada pihak pelaksana proyek mengenai produk lainnya yang dihasilkan pabrik tersebut. Sedangkan Anggota Komisi D lainnya, Masfui Masduki, menanyakan soal progres proyek itu sampai sekarang.

Menanggapi hal itu, pihak pelaksana proyek Ibnu menjelaskan proyek pembangunan pabrik pengolahan limbah yang kini progresnya sudah mencapai 50% tersebut merupakan proyek lingkungan bantuan dari negara Denmark. Saat beroperasi nantinya, pabrik itu akan mengolah limbah dari industri kecil yang ada di desa yakni pabrik pembuatan bihun, yang selama ini telah mencemari sungai.

Dari pengolahan yang dilakukan pabrik, nanti dihasilkan produk berupa cair dan padat. Untuk produk cair, akan menghasilkan biogas yang bisa dimanfaatkan sekitar 600 kepala keluarga di desa. Sedangkan produk limbah padat, dapat digunakan sebagai pupuk tanaman warga.

“Ketika beroperasi nanti, pengelolaannya diserahkan ke pemerintah daerah melalui BUMDes (badan usaha milik desa) dengan pelatihan dan pendampingan terlebih dahulu. Secara umum, kami berharap pabrik pengolahan limbah itu bisa menjadi proyek percontohan untuk diterapkan di sejumlah wilayah di Provinsi Jateng,” jelas Ibnu. (JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...