Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Dua Daerah Semarang Mulai Sulit Air Bersih

SEMARANG, Jowonews.com — Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan dua wilayah di Kota Semarang mulai kesulitan air bersih sejak musim kemarau, yakni Desa Deliksari, Gunungpati dan Desa Rowosari, Tembalang.

“Pada musim kemarau ini, problem air bersih terpantau setidaknya di dua titik, yakni Deliksari di Kelurahan Sukorejo, Gunungpati dan Rowosari, Tembalang,” katanya, saat meninjau Desa Deliksari, Semarang, Kamis (7/9).

Dari tinjauan itu, Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi melihat bak penampungan air dari sendang setempat yang diambil oleh warga secara bergiliran di wilayah yang memiliki enam rukun tetangga (RT) tersebut.

Ada pula satu truk tangki dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang yang terlihat mengedrop air bersih di dekat bak penampungan air yang langsung dimanfaatkan oleh para warga sekitar.

“Saya sudah sampaikan pada rekan-rekan di PDAM Kota Semarang. Tidak hanya di Deliksari, di beberapa tempat yang kesulitan air bersih jika ada permohonan dari warga langsung kirim truk tangki tanpa biaya,” katanya.

Seperti di wilayah Deliksari yang setiap hari dikirimkan air bersih melalui truk tangki, lanjut dia, tanpa harus diminta sampai kondisi persediaan air bersih di wilayah itu sudah normal kembali seperti sediakala.

Dalam tinjauan itu, Hendi melihat saluran pipa utama PDAM Kota Semarang sudah terpasang di sekitar wilayah itu, tetapi belum bisa terkoneksi karena belum adanya saluran yang terpasang ke rumah-rumah warga.

“Jaringan PDAM ternyata sudah ada. Tadi, dari PDAM juga menyampaikan khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa mendapatkan sambungan PDAM dengan biaya hanya Rp900 ribu yang diangsur 10 kali,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...