Jowonews

Logo Jowonews Brown

Dunia Akui Demokrasi Indonesia Berkembang Baik

JAKARTA, Jowonews.com – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai dunia internasional mengakui bahwa demokrasi di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim telah tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Saat ini mata dunia tengah mengarah ke Indonesia. Mereka mengakui bahwa bangsa Indonesia sudah berhasil melalui reformasi,” kata Zulkifli Hasan ketika menjadi pembicara utama pada acara Pra Temu BEM Nusantara IX di kampus Universitas Trisakti, Jakarta, Minggu.

Zulkifli yang menyampaikan pandangannya dalam tema “Peran Mahasiswa Dalam Mengenal Kedaulatan NKRI” mengatakan, pengakuan masyarakat dunia terhadap keberhasilan reformasi dan demokrasi di Indonesia memang beralasan.

Pertimbangannya, kata dia, Indonesia berhasil menyelenggarakan pilkada serentak tahun 2015 di 253 daerah berjalan aman, lancar, dan demokratis.

“Ini menjadi bukti bahwa demokrasi di Indonesia berjalan baik dan kondusif,” katanya.

Menurut dia, melihat keberhasilan demokrasi harus secara jernih dan menyeluruh, tidak bisa hanya melihat satu daerah kemudian disimpulkan menyeluruh.

Aksi demo yang terjadi di Jakarta, menurut dia, tidak dapat disimpulkan demokrasi di Indonesia belum berjalan baik.

Zulkifli menegaskan, keberhasilan demokrasi di Indonesia tidak terlepas dari peran yang membuat ideologi dan dasar negara sejak Indonesia merdeka. “Seluruh bangsa Indonesia harus selalu menjaga dan melestarikan, ideologi dan dasar negara yang diwariskan para pendiri bangsa, apalagi telah terbukti mampu penjaga dalam keutuhan NKRI,” katanya. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...