Jowonews

Logo Jowonews Brown

Duta Genres Banyumas Lolos ke Tingkat Nasional

BANYUMAS, Jowonews.com – Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Banyumas dari jalur pendidikan, Vallen Hadi Putri menjadi wakil dari Jawa Tengah dalam ajang Pemilihan Duta Genre Tingkat Nasional yang akan digelar pada pertengahan Oktober 2018.

“Kami sangat bersyukur karena Valen menjadi Juara I Tingkat Jawa Tengah sehingga maju ke tingkat nasional bersama Duta Genre Wonosobo, Galih Yoga Saputra yang meraih Juara II,” kata Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan, dan Kesejahteraan Keluarga pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPPKBP3A) Banyumas, Diah Pancasilaningrum di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (12/9/2018).

Ia menjelaskan kegiatan program Genre menitikberatkan pada promosi pendewasaan usia perkawinan, penyediaan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya melalui pusat informasi dan konseling remaja/mahasiswa, serta promosi perencanaan kehidupan berkeluarga yang dikemas dalam bentuk sosialisasi program yang ramah remaja, dari, oleh, dan untuk remaja.

Dia mengharapkan Duta Genre menjadi duta untuk teman sebaya dalam hal konseling dan sosialisasi program karena dengan usia sebaya, bisa lebih mengena dibandingkan orang tua yang memberikan nasihat.

“Dengan peserta pemilihan Duta Genre, yaitu remaja yang berusia usia 16 tahun hingga 22 tahun, diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) untuk menyiapkan kehidupan keluarga bagi remaja agar mampu melangsungkan hidup secara terencana baik itu pendidikan, pekerjaan, serta rencana berkeluarga yang juga terencana,” terangnya.

Ia mengatakan dengan talenta yang dimiliki, Duta Genre bisa melakukan sosialisasi mengenai generasi emas, yakni remaja yang bebas dari narkoba, memiliki pola hidup sehat, memiliki cita-cita tinggi, aktif di masyarakat, dan memiliki perencanaan dalam berkeluarga.

Sementara itu, Vallen Hadi Putri mengaku sedang dan terus menggencarkan sosialisasi program Genre secara menyeluruh ke tiap instansi pendidikan di Kabupaten Banyumas serta menjalankan tugasnya menjadi Duta Genre Jawa Tengah.

“Saya siap dan optimistis bisa mengharumkan Jawa Tengah dan Banyumas dalam Pemilihan Duta Genre Tingkat Nasional. Saya mendapat dukungan dari berbagai pihak, saya harus melakukan yang terbaik untuk mereka,” tambah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto itu.

Sebelumnya, Duta Genre Kabupaten Banyumas dan Jawa Tengah, Ginanjar Agung Wahyu Santosa yang juga mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman juga terpilih sebagai Duta Genre Tingkat Nasional 2011. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...