Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ekspansif Rute Internasional, Laba Garuda Merosot

JAKARTA, Jowonews.com – PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) membukukan laba bersih sebesar 19,6 juta dolar AS di Triwulan III 2016 atau turun 11,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015, yaitu 22,1 juta dolar AS.

Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo menjelaskan terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan perseroan menanggung kerugian tersebut, diantaranya banyaknya biaya untuk pengembalian pesawat setelah masa sewa selesai (redelivery) serta ekspansi rute internasional.

“Loss’ (kerugian) disini karena kita banyak pemakaian biaya di ‘redelivery’ pesawat dan kita mulai ekspansi di internasional, melakukan berbagai pertumbuhan kapasitas, terutama di Tiongkok, Eropa dan Timur Tengah,” katanya.

Arif menyebutkan untuk pembiayaan pengembalian sebanyak enam pesawat tersebut mencapai 52,2 juta dolar AS yang terdiri dari empat pesawat berbadan sempit (narrow body) dan dua pesawat berbadan lebar (wide body).

“Diluar itu, kita juga tahun ini mendatangkan 17 pesawat, tahun ini banyak negosiasi pesawat, salah satunya Airbus A330,” imbuhnya.

Terkait ekpansi rute internasional, mulai Maret 2016 Garuda melakukan pemisahaan rute antara Heathwow, London dan Schipol, Amsterdam. “Ini langkah terbaik karena satu Heathrow adalah bandara paling sibuk di dunia dan banyak sekali ‘connecting’ (terhubung) dengan aliansi Skyteam, kemudian kita juga memberikan satu posisi ‘direct’ (langsung) tidak melalui Amsterdam,” tandasnya.

Namun, Arif mengaku langkah tersebut tidak mudah karena saat awal beroperasi, tingkat keterisian di Heathrow, London masih sekitar 30-40 persen karena pada saat musim sepi atau “low season”. “Tiga bulan pertama sangat berat 30-40 persen isian kita ke London, tapi sekarang sudah 70 persen, artinya waktu kita melakukan ‘deployment’ (pengoperasian) di Kuartal II itu pilihan yang tepat,” terangnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...