Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pertamina Jamin Stok Elpiji 3 Kg Untuk Nelayan Aman

CILACAP, Jowonews.com – Nelayan diminta untuk khawatir akan stok elpiji 3 kg. PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan elpiji kemasan 3 kg khusus untuk bahan bakar perahu nelayan aman.

“Rencana disini (Kelurahan Tritih, red.) akan ada satu titik pangkalan khusus untuk nelayan. Rencananya ada tiga titik (di Kabupaten Cilacap, red.),” kata Senior Supervisor Komunikasi Elpiji dan Produk Gas PT Pertamina, Abdul Manan.

Hal itu disampaikan di sela-sela penyerahan bantuan “converter kit” dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bagi nelayan di Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap, Rabu (19/10). Dengan demikian, nantinya ada alokasi khusus elpiji 3 kilogram untuk bahan bakar perahu nelayan.

Ia mengatakan estimasi kebutuhan elpiji 3 kilogram untuk setiap perahu nelayan sebanyak dua tabung per hari. Akan tetapi dalam implementasinya, kata dia, satu tabung ada yang bisa mencapai tiga hari.

Oleh karena itu, lanjut dia, kebutuhan elpiji kemungkinan lebih kecil dari perkiraan. “Tadinya, kami perkirakan kebutuhannya dua tabung per hari,” katanya.

Lebih lanjut, Manan mengatakan penggunaan elpiji untuk bahan bakar perahu nelayan lebih hemat jika dibanding menggunakan bahan bakar minyak (BBM) karena 1 kilogram elpiji setara dengan 5 liter BBM. “Jadi penghematannya cukup signifikan bagi nelayan kecil,” imbuhnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...