Jowonews

Logo Jowonews Brown

Euro 2016: Eder Antar Italia Melaju ke Babak 16 Besar

TOLOUSE, Jowonews.com – Timnas Italia memastikan satu tiket ke fase 16 besar Piala Eropa 2016 setelah menaklukkan Swedia 1-0 di Stadium Municipal, Toulouse, Jumat (17/6) malam WIB.

Gol semata wayang Italia dibukukan Eder Martins di menit ke-88. Striker Internazionale Milan itu sukses menjebol gawang lebih dulu mengecoh barisan pertahanan Swedia sebelum melepaskan tembakan terukur ke arah pojok kiri gawang Isaksson.

Swedia yang unggul dalam penguasaan bola sebanyak 51 persen belum mampu menerobos pertahanan ketat Gli Azzurri yang dikawal bek-bek kawakan macan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

Kedua tim sama-sama kesulitan menciptakan peluang bersih dan tak menghasilkan peluang berbahaya. Merujuk statistik dari Sport Radar, Italia tak berhasil melepaskan tembakan on target.

Eder tampil sebagai motor serangan Italia di laga tersebut. Duetnya bersama Graziano Pelle saat babak pertama, berulang kali mengancam pemain belakang Swedia.

Swedia memang lebih unggul ketimbang Italia dalam segi penguasaan bola dengan persentase 51 persen berbanding 49 serta lebih banyak melakukan operan di area tengah lapangan dengan jumlah 468 dan 451.

Meski demikian, ketajaman Eder terbukti dengan total jumlah shoot on target yang dilakukannya sepanjang pertandingan. Ia berhasil melepas tiga tembakan langsung yanh mengancam gawang Swedia kawalan Andreas Isaksson.

Dua striker Italia, Eder Martins dan Graziano Pelle bahkan sama sekali tak pernah menyentuh bola di kotak penalti Swedia. Sementara Swedia hanya menciptakan satu tembakan on target lewat aksi Kim Kallstrom di menit ke-19. Namun, sepakannya masih bisa diantisipasi dengan sempurna oleh Gianluigi Buffon. Skor kacamata mengakhiri jeda pertandingan.

Italia tampil lebih agresif di awal babak kedua dan mampu memberikan tekanan ke lini pertahanan Swedia. Pelle mendapatkan kesempatan melakukan tembakan di kotak penalti di menit ke-47, tetapi tendangannya masih melayang di atas mistar.

BACA JUGA  Inter Dikalahkan, Napoli Puncaki Klasemen Liga Italia

Tim Biru Kuning memiliki peluang berbahaya melalui Zlatan Ibrahimovic di menit ke-72. Namun, tembakannya masih melenceng dan posisinya sudah lebih dulu offside. Alih-alih mencetak gol keunggulan, Swedia justru kebobolan di menit ke-88. Adalah Eder Martins yang berhasil merobek gawang Andreas Isaksson.

Berawal dari lemparan Chiellini ke arah Simone Zaza, penyerang berkepala botak itu kemudian meneruskan umpan kepada Eder.  Pemain Internazionale Milan itu lebih dulu mengecoh barisan pertahanan Swedia sebelum melepaskan tembakan terukur ke arah pojok kiri gawang Isaksson. Italia unggul 1-0.

Dua menit berselang, Antonio Candreva nyaris menggandakan keunggulan. Sayang, tembakannya di sisi kiri masih mampu ditepis Isaksson. Upaya Swedia untuk menyamakan kedudukan kandas setelah wasit meniup peluit panjang tanda laga usai.

Raihan tiga poin ini mengantarkan Italia lolos ke fase 16 besar dengan koleksi enam poin setelah sebelumnya menang 2-0 atas Belgia. Sementara peluang Swedia kian menipis lantaran hanya mengemas satu poin dan duduk di peringkat ketiga. (jn03)

 

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...