Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Festival Layang-layang Internasional Purworejo Diikuti Swedia, Polandia Hingga Jepang

Festival Layang-layang Internasional

PURWOREJO – Berbagai kreasi layang-layang menghiasi langit Pantai Ketawang, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, pada Sabtu-Minggu, 27-28 Agustus 2022.

Sekitar 50 klub dari berbagai daerah ambil bagian dalam Festival Layang-layang Internasional tahunan ini. Bahkan tak hanya dari Indonesia, sejumlah peserta juga berasal dari mancanegara seperti Polandia, Swedia, dan Jepang.

Selain wakil dari tiga negara, Festiwal Layang-layang terbesar di Purworejo itu juga diikuti 40 tim. Mereka berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Lampung.

Setidaknya ada lima kategori layang-ala yang dilombakan, yakni layang- layang tradisoional, layang-layang 2 dimensi, layang-layang 3 dimensi dan Train Naga. Hadiah yang diperebutkan yakni uang pembinaan, plakat dan piagam.



Pantauan di lapangan, meskipun cuaca cukup panas dan terik, tak menyurutkan pengunjung baik anak-anak, remaja, dan dewasa untuk menyaksikan aneka rupa dan warna kreasi layang-layang tersebut.

Bupati Purworejo, Agus Bastian mengatakan, festival layang-layang ini sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

“Maka kala pandemi sudah semakin terkendali, saatnya kita bangkitkan kembali sektor pariwisata, salah satunya dengan festival layang-layang tingkat nasional di Pantai Ketawang Indah,” katanya disela pembukaan, dikutip dari krjogja.com.

Menurutnya, sektor pariwisata menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sangat potensial. Selain itu, pariwisata memiliki multiplier effect yang luas bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Pemkab Purworejo melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, katanya, terus berupaya mendorong dan menggali berbagai potensi wisata yang dimiliki.

“Tapi, program pemerintah dalam pengembangan pariwisata, tidak akan sukses apabila tidak ada dukungan dan kerjasama dari masyarakat maupun pemangku kepentingan terkait, maka keterlibatan dan dukungan itu amat sangat penting,” tegasnya.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...