Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Fokus e-KTP, Pelayanan Kartu Identitas Anak Terbengkelai

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Temanggung hingga kini belum bisa melakukan pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA), lantaran masih fokus pada pelayanan perekaman e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Temanggung Agus Wahyudi Budiyono, menuturkan Dispenduk Capil Temanggung telah menerima sebanyak 98.000 keping blangko KIA dari Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu. “Namun, pembuatan KIA belum bisa kami lakukan karena petugas kami masih fokus untuk penyelesaian perekaman data E-KTP,” imbuhnya.

“Kami targetkan sekitar 15.000 anak dapat memiliki KIA tahun ini dari potensi sekitar 200 ribu anak di Temanggung,” lanjutnya, Senin (19/9).

Ia mengatakan pembuatan KIA akan dilakukan setelah rekam data KTP elektronik (E-KTP) selesai pada bulan September 2016. Ia berharap pada Oktober 2016 pembuatan KIA bisa dimulai karena bangko KIA sudah siap.

Menurutnya, dalam pembuatan KIA pihak Disdukcapil akan mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman data anak. “Kami tinggal kirim surat ke sekolah, bahwa pihaknya akan datang ke sekolah tersebut untuk pembuatan KIA. Kalau semua sekolah dari PAUD hingga SMP terambah semua saya kira sudah selesai,” terangnya.

Ia mengatakan pembuatan KIA tahun ini 15.000 anak dulu dan dilanjutkan tahun 2017.Menyinggung penyelesaian perekaman data untuk pembuatan E-KTP, dia mengatakan sejak 5 September 2016 telah mengundang warga yang belum melakukan perekaman data agar melakukan perekaman data di kantor camat masing-masing sesuai jadwal.

Ia menyebutkan sebanyak 30.813 orang belum melakukan perekaman data E-KTP yang tersebar di 20 kecamatan di Temanggung. “Kami berharap warga melakukan perekaman data sesuai jadwal yang tertera di undangan agar proses berjalan lancar,” tambahnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...