Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ganjar Ingatkan Kewajiban Zakat ASN

SEMARANG, Jowonews.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan para aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah provinsi untuk terus meningkatkan kesadaran dalam berzakat.

“Meskipun hampir tiap bulan selalu terjadi peningkatan (jumlah zakat) itu mungkin banyak yang mulai sadar, tapi masih belum maksimal karena masih ada beberapa ASN yang belum bersedia menyisihkan zakat 2,5 persen dari tambahan penghasilan pegawai (TPP) tiap bulannya,” katanya di Semarang, Selasa (28/11).

Hal tersebut disampaikan Ganjar di sela penyaluran zakat kepada para penyandang disabilitas di aula Masjid Agung Jawa Tengah.

Politikus PDI Perjuangan itu menyebutkan pada awal pengumpulan zakat di kalangan ASN Pemprov Jateng dalam sebulan hanya terkumpul sekitar Rp700 juta, tapi saat ini mengalami peningkatan hingga mencapai Rp2 miliar per bulan.

“Zakat yang terkumpul dari ASN tersebut dialokasikan untuk para fakir miskin yang ada di Jateng, diharapkan jika sistem gotong royong ini bisa berjalan maksimal, maka manfaatnya akan luar biasa,” ujarnya.

Bagaimanapun juga, kata Ganjar, di antara rezeki yang diperoleh tiap bulan itu sebagian kecil ada hak orang lain yang membutuhkan. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...