Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ganjar Minta Kabupaten Genjot Infrastruktur

SEMARANG, Jowonews.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pemerintah kabupaten/kota melakukan percepatan pembangunan berbagai infrastruktur, khususnya jalan, jembatan dan jaringan irigasi.

“Percepatan pembangunan infrastruktur dapat memicu peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah, bupati/wali kota pun dituntut bisa melakukan inovasi anggaran yang tidak bergantung pada APBD,” kata Ganjar di Semarang, Selasa (22/8).

Hal tersebut disampaikan Ganjar pada pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang.

Ganjar menjelaskan pembangunan infrastruktur membutuhkan anggaran yang cukup besar dan dana APBD kabupaten/kota juga hampir pasti tidak akan cukup meski mendapatkan bantuan dari APBD Provinsi Jateng.

Menurut dia, dengan kondisi tersebut maka perlu sumber anggaran dari luar APBD yang bisa digunakan untuk pembiayaan pembangunan di daerah masing-masing.

“Saat ini sudah ada tiga kabupaten yang melakukan inovasi anggaran, yaitu Kabupaten Temanggung, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Sragen,” ujarnya.

Ketiga kabupaten tersebut, kata Ganjar, meminjam uang melalui Bank Jateng maupun PT SMI Kementerian Keuangan untuk membiayai pembangunan infrastruktur di daerah masing-masing.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...