Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ganjar Sebut Anggaran Koni Tidak Fair

SEMARANG, Jowonews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia Jateng pada tiap cabang olahraga agar transparan dalam penganggaran sebagai bentuk tata kelola keuangan yang baik dan upaya meningkatkan prestasi atlet.

“Kalau tidak transparan maka KONI berarti tidak pro terhadap ‘Good Governance and Clean Government’ pada bidang olahraga dan kalau begitu ya terus terang saja yang menanggung dosanya ya KONI,” kata Ganjar di Semarang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Ganjar di hadapan pengurus KONI Jateng dan pengurus tiap cabang olahraga yang dikumpulkan di ruang rapat kantor Gubernur Jateng.

Ganjar sempat mengungkapkan kekesalannya pada forum rapat mengenai anggaran KONI Jateng itu setelah mengonfirmasi langsung ke masing-masing pengurus cabang olahraga yang ternyata banyak pengurus yang tidak mengetahui jumlah anggaran yang diterima, bahkan mengaku tidak pernah terlibat dalam penganggaran.

Ganjar mengaku baru kali ini dirinya memimpin rapat dengan memerinci secara detail mengenai anggaran hingga pola penganggaran.

“Baru kali ini saya seumur-umur buka satu persatu (mengenai anggaran tiap cabang olahraga), dulu saya percaya dan tidak mau ikut campur, tapi olahraga tidak mau maju,” ujarnya.

Ganjar sempat mempertanyakan adanya anggaran dana hibah yang ternyata tidak diterima secara merata oleh semua pengurus cabang olahraga.

“Cabang olahraga yang selama ini tidak mendulang emas ternyata memperoleh dana paling besar, sedangkan cabor pendulang emas ternyata tidak dapat prioritas, ini tidak ‘fair’,” katanya.

Ganjar terpaksa menunda pencairan anggaran untuk KONI Jateng karena tidak ada perbaikan anggaran yang dilakukan pengurus.

Ganjar memberikan waktu satu minggu ke depan kepada pengurus KONI Jateng untuk memperbaiki anggaran dan meminta ada penataan ulang dengan sistem demokrasi, terbuka, dan melibatkan semua pengurus.

“Ketahuan selama ini penyusunan anggaran KONI tidak jelas, maka saya minta untuk diperjelas agar segera beres dan kalau hari ini selesai, saya teken, besok cair,” ujarnya. jn16-ant

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...