Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Garuda Jajaki Penambahan Rute dari Solo

SOLO, Jowonews.com — Maskapai penerbangan Garuda Indonesia tengah menjajaki kemungkinan penambahan rute penerbangan domestik maupun internasional melalui Bandara Adi Soemarmo di Solo.

“Untuk rute Solo-Jeddah diharapkan ada penambahan frekuensi per minggunya pada periode ‘summer schedule’ yaitu di akhir Maret, rencananya pada hari Minggu,” kata General Manager Garuda Indonesia Branch Office Surakarta Hendrawan di Solo, Selasa.

Terkait hal itu, saat ini tengah mengurus perizinan rute ke PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo. Jika disetujui maka akan ada tiga kali penerbangan rute Solo-Jeddah, yaitu hari Selasa, Kamis, dan Minggu.

“Kalau ke Jeddah memang tingkat keterisiannya cukup tinggi, yaitu di atas 90 persen dari kapasitas 360 seat,” katanya.

Selain Jeddah, dikatakannya, ada wacana pembukaan rute internasional lain dari Solo, di antaranya ke Jepang, Korea Selatan, dan Australia. Ia mengatakan selama ini akses penerbangan dari Solo-Australia harus melalui Jakarta terlebih dahulu.

“Kalau rute lain seperti Korea Selatan memang Angkasa Pura menginginkan ini, tetapi kami masih melakukan kajian, salah satunya trafik. Kalau potensi ada, bahkan bukan hanya Korea Selatan tetapi juga Jepang dan Tiongkok,” katanya.

Sementara itu, ia mengatakan rencana penambahan rute tidak hanya dilakukan untuk penerbangan internasional tetapi juga domestik. Menurut dia, saat ini yang sudah berjalan yaitu Solo-Jakarta sebanyak lima kali penerbangan/hari.

“Kalau untuk rutenya pada saat ‘low season’ seperti ini di kisaran 70 persen dari kapasitas 162 seat/keberangkatan,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...