Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gedung Unit Pengelolaan Irigasi Terbaik di Indonesia Resmi Beroperasi di Waduk Wadaslintang Kebumen

KEBUMEN – Kabar baik datang dari Kabupaten Kebumen! Gedung Unit Pengelolaan Irigasi (UPI) untuk daerah irigasi Waduk Wadaslintang, Sub Bedegolan, Kebumen, kini telah resmi beroperasi. Menariknya, gedung UPI ini disebut sebagai yang terbaik di Indonesia, sebuah prestasi yang membanggakan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO), Gatut Bayu Aji. Menurut Gatut, gedung UPI di Waduk Wadaslintang Sub Bedegolan ini layak mendapat predikat terbaik karena dilengkapi dengan fasilitas modern yang terintegrasi.

“Kami menyebutnya yang terbaik karena gedung UPI ini telah dilengkapi dengan sistem operasional yang modern dan canggih menggunakan teknologi digital, tidak lagi manual. Terutama dalam hal pengoperasian buka-tutup air, semuanya dapat dilakukan secara digital,” ungkap Gatut di Desa Mekarsari pada Kamis (15/2/2024).

Lebih lanjut, Gatut menjelaskan bahwa modernisasi irigasi di lokasi ini juga akan mendukung kemajuan sektor pertanian di Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengelola irigasi yang juga modern untuk menjalankan infrastruktur yang diresmikan pada hari itu.

“Ada lima pilar yang harus diperhatikan dalam modernisasi irigasi, termasuk ketersediaan air, kinerja jaringan irigasi, manajemen irigasi, kelembagaan, serta pengelolaan dan pengembangan SDM,” tambahnya.

Gatut juga mengimbau agar infrastruktur yang telah dibangun ini dirawat secara bersama-sama, demi meningkatkan produktivitas pertanian yang pada akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan petani. Ia berharap manajemen dan pengelolaan SDM dapat dilakukan secara kolaboratif antara Pemerintah Kabupaten dengan BBWSO.

Pengoperasian gedung UPI ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Gatut Bayu Aji bersama Kepala Dinas PUPR, Joni Hernawan, yang mewakili Bupati Kebumen, Arif Sugiyono.

Menyambut berita tersebut, Joni menyampaikan apresiasi dari Bupati Arif atas pembangunan gedung UPI yang kini sudah beroperasi. Dalam keterangannya, Arif berharap infrastruktur ini dapat meningkatkan sektor pertanian di Kabupaten Kebumen.

“Irigasi ini sangat vital, menjadi kebutuhan utama para petani dalam bercocok tanam, terutama pada musim kemarau. Irigasi menjadi penunjang utama untuk memastikan pasokan air yang memadai bagi petani,” ujar Arif dalam keterangannya.

BACA JUGA  Warga Tamanwinangun Kebumen Kelola dan Salurkan Sampah ke Bank Sampah

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...