Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Gempa Bantul Tak Berpotensi Tsunami

MAGELANG, Jowonews.com– Gempa bumi berkekuatan 5.6 SR terjadi di Bantul, Provinsi DI Yogyakarta, Rabu malam pukul 18:45:25 WIB. Pusat gempa berada di 120 km barat daya Bantul.

Meski tidak ada korban jiwa dan kerugian materiil ini gempa ini sempat menimbulkan kepanikan masyarakat.
Getaran akibat gempa berlangsung sekitar 10 detik.

Tidak hanyaa warga Yogyakarta, getaran gempa juga dirasakan warga Kabupaten Magelang dan bahkan Brebes. Sejumlah warga sampai berlarian karena takut dampak gempa. “Saya sedang mengajari anak mengaji tiba-tiba ada gempa. Saya langsung lari keluar rumah,” kata Yuni, salah satu warga Magelang.

Berdasarkan keterangan BMKG Yogyakarta gempa berkekuatam 5.6 SR ini berlokasi di 8.97 LS, 110.19 BT dengan kedalaman 93 km. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan akibat gempa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, meski episentrum gempa ada di Samudera Hindia namun tidak berpotensi tsunami.

Sutopo menjelaskan berdasarkan pantauan USGS (Badan Geologi Amerika Serikat) melaporkan gempa 5,9 SR dengan kedalaman 95,7 km. “Gempa Bantul tidak berpotensi tsunami. Masyarakat jangan panik,” kata Sutopo. (JN07/JN03)

BACA JUGA  Petani Keluhkan Anjloknya Harga Tembakau

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...