Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Getuk Juroh Kudus, Perpaduan Gurih Singkong dan Manis Legit Gula Aren

Getuk Juroh Kudus

Getuk Juroh Kudus merupakan kuliner tradisional berbahan baku singkong yang biasanya ditambahkan cairan semacam saus yang terbuat dari gula aren.

Penggemar kuliner getuk bisa mencicipi getuk juroh khas Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Getuk ini mempunyai citarasa yang khas, yang patut untuk jadi cemilan pilihan.

Getuk biasanya disajikan sebagai makanan ringan. Getuk khas Kota Kretek ini terbuat dari singkong sebagai bahan baku utamanya. Biasanya penyajiannya ditambah dengan kelapa dan gula merah yang membuat cita rasanya semakin nikmat.

Bedanya dengan getuk lainnya, getuk ini ditambahi dengan juroh. Juroh merupakan cairan yang terbuat dari gula kelapa, bentuknya seperti saus cair.



Salah satu penjual Getuk Juroh Kudus yang masih bertahan adalah Adetyas Anggraeni. Ia menjual berbagai variasi getuk dengan juroh sebagai ciri khasnya. Adapun varian getuk, yang ia jajakan, di antaranya getuk manis dan getuk gurih. Selain itu ada juga ketan, katrol, potoblong, tiwul, gobet, putu mayang, cetot dan oyog-oyog.

Tyas menuturkan usaha getuk ini dibuka oleh ibunya pada tahun 2013 silam. Hingga saat ini, pelanggan tidak hanya dari Kudus tetapi juga orang-orang dari jauh yang melalui Kudus dan mampir di kedai mungilnya.

Jika Anda sedang berkunjung ke Kudus dan ingin mencoba nuansa variasi Getuk Juroh. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 12.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Bhakti, Desa Baronan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Foto: Dok. Beta News

BACA JUGA  Asal-usul Jenang Kudus, Konon Untuk Membangunkan Bocah Yang Mati Suri

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...