Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Soto Gudangan Ungaran, Soto Unik Dengan Campuran Beragam Sayuran

Soto Gudangan Ungaran

Soto dengan kombinasi sayur kol, toge, atau daging merupakan hal yang biasa. Namun di Semarang, Jawa Tengah, terdapat Soto Gudangan Ungaran. Soto ini sangat unik, karena memadukan soto dengan gudangan.

Soto dan Gudangan merupakan dua jenis kuliner yang biasa di konsumsi masyarakat Jawa Tengah. Soto merupakan kuliner berkuah, yang biasanya dikombinasikan dengan potongan sayur kol, seledri, atau pun toge. Sementara gudangan merupakan kombinasi berbagai sayuran seperti wortel, daun ketela, sayur adas, dan kenikir. Kemudian kombinasi sayuran ini dicampur dan diurap dengan parutan kelapa yang telah dibumbui.

Warung Sogud Bu Kusnin, Buka Sejak Tahun 2007

Warung Soto Gudangan Ungaran ini bernama “Sogud” Bu Kusnin. Warung soto ini telah buka sejak tahun 2007. Tempatnya juga berpindah-pindah. Namun sejak menetap di Jalan MT Haryono, Sogud semakin tenar.

Warung ini kemudian jadi populer karena berani menyajikan menu soto yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Namun, siapa sangka kuliner unik ini selalu diserbu pembeli setiap harinya.

Selain unik, cita rasa Soto Gudangan Bu Kusnin juga sangat nikmat. Kuah berwarna kuning dari soto dengan daging sapi, dipadu bersama dengan urap gudangan, menghasilkan cita rasa yang gurih dan khas. Apalagi disajikan dalam keadaan hangat, rasa “Sogud” akan semakin terasa kelezatannya.

Selain disebut Soto Gudangan, soto ini juga sering disebut dengan Soto Sayuran karena topping soto ini terdiri dari berbagai sayuran, seperti toge, daun bawang, daun kenikir, kacang panjang, dan sayur bayam. Selain itu, pada soto ini juga ditambahkan taburan bawang goreng pada permukaannya. Baru membayangkan saja sudah meyegarkannya, ya?



Daging Sapinya Empuk dan Koyornya Kenyal

Selain menggunakan berbagai jeni sayuran, soto ini juga menggunakan daging sapi dan koyor sebagai pelengkapnya. Daging sapi juga lembut dan terasa empuk saat digigit. Begitu pula dengan koyornya yang sangat kenyal dan mudah ditelan.

BACA JUGA  Nasi Berkat Wonogiri, Nasi Hajatan Ada Sejak Dua Abad Lalu
Tersedia Aneka Gorengan dan Minuman

Untuk menambah cita rasa soto, pembeli juga dapat menambahkan gorengan seperti kerupuk atau tempe mendoan sebagai lauk tambahan. Dijamin lauk tambahan ini akan membuat rasa Soto Gudangan semakin bertambah kelezatannya. Selain sebagai lauk, aneka gorengan ini juga sering dijadikan sebagai cemilan saat menunggu soto disajikan.

Warung Sogud juga menyediakan berbagai macam minuman seperti teh manis, es jeruk, es kopi, dan berbagai macam minuman lainnya.

Soto Dapat Dipesan Terpisah

Bagi yang kurang menyukai sayuran, tenang saja. Pembeli dapat memesan soto sapi secara terpisah tanpa ada tambahan gudangan. Bagi yang menginginkan sayurannya saja, dapat memesan gudangannya saja. Di warung ini, selain soto pembeli juga dapat memesan menu-menu kuliner lainnya seperti ramesan, sayur oseng, mangut, dan lain sebagainya.

Jam Buka dan Lokasi Soto Gudangan Ungaran

Soto Gudangan Ungaran buka setiap hari kecuali hari Minggu dari pukul 7 pagi hingga pukul 2 siang.

Lokasi warung soto ini Jl. MT. Hariyono, Sidomulyo, Kec. Ungaran Tim., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50514.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...