Jowonews

Logo Jowonews Brown

Giliran Dubes AS untuk Meksiko yang akan Mundur

MEKSIKO, Jowonews.com — Duta besar Amerika Serikat untuk Meksiko Roberta Jacobson menyatakan pada Kamis bahwa ia akan mengundurkan diri bulan Mei.

Roberta akan menambah jumlah pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS yang mundur di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump.

Keputusan Roberta itu muncul di tengah hubungan AS-Meksiko yang sedang berada di titik rendah akibat ancaman-ancaman yang dilancarkan Trump untuk meninggalkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dan memaksa Meksiko membayar pembuatan dinding perbatasan.

“Setelah 31 tahun mengabdi kepada pemerintah AS, saya akan pergi (meninggalkan jabatan sebagai duta besar, red) pada awal Mei untuk mencari kesempatan-kesempatan baru. Saya pergi dalam keadaan tahu bahwa hubungan AS-Meksiko kuat dan penting,” tulisnya dalam pernyataan di Twitter. “Bersama kita lebih kuat!” Roberta menambahkan bahwa ia tidak tahu siapa yang akan menggantikannya.

Sebelumnya pada Kamis, surat kabar Meksiko Reforma melaporkan bahwa Trump berencana mencalonkan mantan Kepala Perusahaan AT&T Ed Whitacre sebagai duta besar berikutnya untuk Meksiko. Kementerian luar negeri Meksiko mengatakan pihaknya belum tahu siapa yang akan menggantikan Roberta. Reuters belum dapat memastikan kebenaran laporan tersebut.

Roberta, yang ditunjuk oleh mantan Presiden Barack Obama, mulai menjabat sebagai duta besar AS untuk Meksiko pada Mei 2016 setelah bertugas sebagai Asisten Menteri Luar Negeri urusan Western Hemisphere. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...