Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gubernur Cek Normalisasi Tanggul Permanen Sungai Cabean

DEMAK, Jowonews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek langsung proyek normalisasi dan pembangunan tanggul permanen Sungai Cabean, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, sebagai upaya mencegah banjir di sekitar kawasan tersebut selama musim hujan.

“Masyarakat sudah lama sekali menginginkan perbaikan dan normalisasi Sungai Cabean karena ada banjir tahunan, waktu itu saya bicara langsung dengan Menteri PUPR dan alhamdulillah direspon langsung dikerjakan oleh BBWS, ini untuk mencegah banjir,” kata Ganjar di Kabupaten Demak, Rabu.

Ganjar mengakui jika banyak sungai di Provinsi Jateng yang mengalami sedimentasi sehingga perlh dilakukan normalisasi agar mampu menampung debit air dengan kapasitas besar.

Menurut Ganjar, normalisasi sungai merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya banjir secara bertahap saat musim hujan.

“Selain normalisasi, perlu juga dilakukan konservasi di wilayah hulu dengan penanaman pohon, penguatan tanggul,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ganjar mengimbau masyarakat agar disiplin dan selalu berperilaku hidup bersih dengan tidak membuang sampah dalam bentuk apapun ke aliran sungai.

“Kita juga mesti disiplin, buang sampah tidak sembarangan agar tidak menyebabkan banjir,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Budie Yuwono menambahkan bahwa normalisasi sungai dan penguatan tanggul terus dilakukan jajarannya bersama instansi terkait agar bisa menampung air akibat tingginya intensitas hujan.

“Normalisasi sungai dilakukan di sepanjang aliran sungai Jragung-Tuntang sampai Wonokerto Demak, Kali Pepe dan di anak-anak sungai Bengawan Solo, serta sungai-sungai Kabupaten Purworejo, Kebumen, dan Klaten,” ujarnya. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...