Jowonews

Logo Jowonews Brown

Guru Menembus Lorong Waktu

Oleh : Prisma Adi Putra

Perubahan zaman adalah suatu fenomena yang tidak dapat dihindari oleh manusia. dalam perubahan dan perkembangan zaman hampir seluruh aspek kehidupan manusia berubah dan berkembang dengan pesat, tak terkecuali aspek yang berkaitan dengan pendidikan. Pendidikan adalah kebutuhan utama manusia di era sekarang ini. Pendidikan menjadi hal yang fundamental dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan juga berguna sebagai bekal manusia dalam menjalani kehidupan di dunia dengan beragam tantangan. Hal ini seperti yang pernah dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara (Masitoh dan Cahyani, 2020) tujuan pendidikan adalah untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Alpian dkk. (2019) mengemukakan bahwa peranan pendidikan sangat besar dalam mempersiapkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal yang mampu bersaing secara  sehat  tetapi  juga  memiliki  rasa  kebersamaan  dengan  sesama  manusia meningkat.

Ketika melihat urgensi dari pendidikan, disinilah peran guru sebagai seorang pendidik akan terlihat dan menjadi peran yang sentral. Menurut UU No. 14 Tahun 2015 tentang guru dan dosen, tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dari undang-undang tersebut dapat kita ketahui jika tugas utama guru berkaitan dengan pengajaran dan pendidikan. Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan. Pengajaran dan pendidikan yang dilakukan guru haruslah senada dan seirama dengan perkembangan zaman yang ada. Hal ini dikarenakan kebutuhan anak dari setiap zaman tentu saja berbeda. Hal ini juga pernah dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantara bahwa dasar pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Arti dari kodrat alam adalah berkaitan dengan bentuk lingkungan anak berada, dan kodrat zaman adalah berkaitan dengan era atau zaman anak tersebut berada. 

BACA JUGA  BEST PRACTICE OF STORY TELLING SEBAGAI MEDIA¬†PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN

Oleh karena itu, pengajaran dan pendidikan yang dilakukan oleh seorang guru harus disesuaikan dengan zaman yang sedang berkembang. Seolah-olah guru dituntut untuk bisa menembus lorong waktu dan dapat melakukan pengajaran sesuai dengan perkembangan zaman. Seorang guru harus melek teknologi dan harus mampu mengikuti alur gaya belajar anak. Sebagai contoh di zaman sekarang, anak hidup berdampingan dengan teknologi seolah-seolah teknologi sudah melekat pada diri anak. Oleh karenanya, guru diharapkan dapat menguasai teknologi yang sesuai untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran dapat mudah diterima dan diikuti oleh anak. Salah satu hal penting dalam pengajaran dan pendidikan adalah membuat anak senang dengan kegiatan pembelajaran dan membuat pembelajaran tersebut bermakna bagi anak.

Penting bagi seorang guru untuk mengikuti perkembangan zaman agar pengajaran dan pendidikan yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan anak di zaman itu. Meskipun guru diminta untuk mengikuti perkembangan zaman, namun perlu diingat bahwa tidak semua hal itu sifatnya baik sehingga guru perlu melakukan filter. Yang terpenting dalam membekali anak di setiap zamannya adalah dengan menanamkan budi pekerti. Budi pekerti berkaitan dengan nilai karakter pada anak. Pada dasarnya kebutuhan yang paling utama dan selalu diperlukan dalam setiap zaman adalah nilai karakter. Nilai karakter inilah yang akan menjadi bekal paling dasar anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan.

DAFTAR PUSTAKA

Alphian, Yayan . dkk. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurna Buana Pengabdian. Volume 1 Nomor 1.

Republik Indonesia. 2015. UU No. 14 Tahun 2015 tentang guru dan dosen. Jakarta.

Masitoh, Siti dan Fibria Cahyani. 2020. Penerapan Sistem Among dalam proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 8 Nomor 1.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...