Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gus Yusuf: Memaknai Alquran Jangan Hanya Tekstual

MAGELANG,Jowonews.com – Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) API Tegalrejo KH. Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) menekankan pentingnya memaknai Alquran tidak hanya secara tekstual. Tapi juga melihat dari aspek kontesktualnya.

Sehingga mengamalkan ajaran Islam di Indonesia ini harus memperhatikan budaya yang berlaku di Indonesia. Bukan budaya Arab yang belum tentu selaras dengan kehidupan masyarakat kita.

“Jadi pakaian jubah, surban ataupun burqo yang biasa dikenakan oleh orang orang Arab itu adalah bagian dari budaya, bukan bagian dari ajaran Islam,”ungkapnya.

Hal itu diungkapkan Gus Yusuf dalam seminar bertajuk ‘‘Pemuda Islam Nusantara untuk Indonesia Jaya”, yang diselenggarakan Forum Studi Islam Mahasiswa (FOSIM) Universitas Tidar (Untidar) Magelang, dalam rangka mengisi hari Raya Idul Adha, Rabu (23/9).

Oleh karena itu, masih menurut Gus Yusuf, kalau kita beragama jangan hanya meninjau dari simbolnya saja. Tetapi nilai universal itu yang harus dipahami. “Kita ini orang Indonesia yang memeluk Islam bukan orang Islam yang datang ke Indonesia” jelasnya.(JN01)

 

BACA JUGA  Indonesia Terpilih Jadi Anggota Komite Budaya Dunia

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...