Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Hadapi Angkutan Natal, Petugas KA Dites Narkoba

PURWOKERTO, Jowonews.com – Sekitar 70 awak kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah menjalani tes narkoba menjelang pelaksanaan angkutan Natal 2016.

Tes narkoba melalui pemeriksaan urine yang digelar secara mendadak di Stasiun Besar Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu, diikuti masinis, kondektur, dan pegawai PT KAI lainnya.

Selain tes narkoba, awak kereta api dan pegawai PT KAI lainnya juga menjalani pemeriksaan tekanan darah dan gula darah.

Manajer Kesehatan PT KAI Daop 5 Purwokerto Cicah Rasitah mengatakan pemeriksaan kesehatan maupun urine dilakukan agar perjalanan kereta api selama angkutan Natal dan tahun baru dapat berjalan dengan aman serta selamat sehingga penumpang merasa nyaman.

Menurut dia, hal itu disebabkan volume perjalanan kereta api selama angkutan Natal dan tahun baru mengalami peningkatan.

“Pemeriksaan urine juga dilakukan sebagai pengawasan kepada pegawai agar benar-benar bebas dari narkoba,” katanya.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Banyumas Azis Nurwanto mengatakan awak kereta api yang bebas dari narkoba bisa lebih baik dan aman dalam bekerja.

“Jika dari hasil tes ada yang mengandung zat narkoba, kami akan berkoordinasi dengan PT KAI,” katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan urine, 69 orang dinyatakan negatif dari penyalahgunaan narkoba, sedangkan satu orang positif benzo.

Setelah dilakukan pendalaman, satu orang yang dinyatakan positif benzo diketahui sedang mengonsumsi obat dari dokter untuk pengobatan saraf. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...