Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Beras di Pasaran Solo Masih Tinggi

SOLO, Jowonews.com – Harga beras di pasaran Kota Solo, Jawa Tengah, masih bertahan tinggi sehingga memberikan dampak terhadap inflasi.

“Memang beberapa hari terakhir ini harga beras naik bahkan melebihi harga eceran tertinggi yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” kata salah satu pedagang beras di Pasar Legi, Ali di Solo, Rabu (3/1/2018).

Ia mengatakan HET beras medium Rp9.000/kg saat ini dijual Rp10.000/kg, sedangkan untuk beras kualitas premium jika sebelumnya harganya Rp11.000/kg saat ini naik menjadi Rp11.800/kg.

“Memang harganya sudah mahal dari tingkat distributor. Bahkan untuk beras medium ini meski harga naik tetapi kualitas tidak terlalu bagus, terlihat kotor sehingga banyak konsumen yang lebih memilih membeli beras premium,” katanya.

Kondisi yang sama juga terjadi di Pasar Colomadu. Salah satu penjual komoditas pokok, Sri, mengatakan saat ini harga beras medium Rp11.000/kg, sedangkan kualitas premium Rp12.000/kg.

“Harganya sudah tinggi dari kulakannya. Jadi saya jualnya juga tinggi,” katanya.

Bahkan, karena kenaikan harga tersebut, ia yang biasanya bisa stok 5 kuintal beras saat ini rata-rata stok yang dimilikinya hanya 1 kuintal. Ia khawatir jika stok terlalu banyak dagangannya akan tidak laku.

“Karena biasanya kalau kenaikan harga seperti ini akan berdampak pada penurunan pembelian dari masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo R Bagus Rahmat Susanto mengatakan pada inflasi Desember 2017 yang mencapai 1,10 persen, komoditas beras memberikan sumbangan cukup besar.

Berdasarkan catatan BPS Kota Solo, kenaikan inflasi tersebut dipicu oleh kenaikan harga bahan makanan hingga 4,08 persen. Dari kenaikan tersebut kelompok bahan makanan memberikan sumbangan 0,78 persen atau yang paling tinggi dibandingkan kelompok lain.

“Dari catatan kami, untuk komoditas beras mengalami kenaikan harga sebesar 3,95 persen dan memberikan andil sebesar 0,1910 persen,” katanya. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...