Jowonews

Logo Jowonews Brown

Harga Beras di Solo Naik

SOLO, Jowonews.com – Harga beras di pasar tradisional Kota Solo rata-rata mengalami kenaikan sekitar Rp200 per kilogram, sedangkan beberapa kebutuhan pokok lainnya masih stabil.

Berdasarkan pantauan di Pasar Tradisional Sidodadi Kleco Solo, Jumat, menyebutkan harga beras untuk kualitas premium seperti C4 kualitas biasa rata-rata ditawarkan naik dari Rp10.500 per kg kini menjadi Rp10.700/kg, dan kualitas super dari Rp11.000/kg menjadi Rp11.200 per kg.

Menurut Sidiq (39) salah satu pedagang sembako di Pasar Sidodadi Kleco Solo, kenaikan harga beras tersebut sudah tiga hari ini, disebabkan pasokan dari tingkat distributor cenderung berkurang. Jika harga di tingkat pemasok naik, pedagang hanya menyesuaikan saja.

Namun, kata Sidiq jika pasokan kembali normal dan bertambah karena bersamaan musim panen harga beras akan kembali turun.

” Hal ini ada kemungkinan stok gabah di tempat penggilingan sudah mulai berkurang, sehingga harga naik,” kata Sidiq.

Harga sejumlah kebutuhan pokok lainnya masih stabil dalam sepakan ini. Misalnya, minyak goreng curah rata-rata dijual Rp12.000/kg, gula pasir Rp12.500/kg dan telur Rp19.000/kg.

Begitu juga harga daging ayam di pasar Sidodadi Solo, dijual stabil yakni Rp28.000/kg, daging sapi Rp100.000/kg kualitas satu, sedangkan Rp95.000 untuk kualitas dua, daging kambing tetap Rp80.000/kg.

Menurut Mariyati (42), pedagang di Pasar Sidodadi Kleco harga daging ayam rata-rata ditawarkan stabil Rp28.000/kg dalam sepekan ini, begitu juga sapi dan kambing. Namun, kondisi pasar kelihatan agak sepi.

Pedagngan lainnya, Sugiyem mengatakan harga cabai tetap stabil karena pasokan dan stok relatif mencukupi. Para pedagang stoknya cukup melimpah mendapat pasokan dari daerah sentra seperti Boyolali, Tawangmangu Karanganyar, dan Salatiga.

Harga cabai rawit merah dijual Rp14.000 per kilogram, cabai merah Rp18.000 per kg, dan cabai rawit hijau harganya stabil Rp10.000 per kg.

Harga komoditas sayuran lainnya, seperti bawang merah rata-rata dijual stabil Rp22.000 per kg, bawang putih Rp22.000 per kg, tomat Rp8.000, dan wortel Rp12.000 per kg, sedangkan stok mencukupi.

Ketua Persatuan Penggilingan dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Jawa Tengah Tulus Budiono mengatakan naiknya harga beras di pasar karena stok di tingkat penggilingan padi sudah mulai berkurang.

“Stok gabah di tempat penggilingan padi sudah bekurang, tetapi harga akan kembali normal setelah memasuki musim panen yang diperkirakan akhir bulan Nopember mendatang,” kata Tulus.

Kendati demikian, kata tulus stok beras di pasar-pasar tradisional Solo masih cukup melimpah dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...