Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Daging di Banyumas Bertahan Tinggi

BANYUMAS, Jowonews.com – Harga daging sapi di pasar tradisional Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bertahan tinggi meskipun terjadi penurunan dari harga sebelum lebaran.

Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Kamis, harga daging sapi sebesar Rp130.000 per kilogram atau turun Rp20.000 dari harga sebelum lebaran yang mencapai Rp150.000 per kilogram.

“Kenaikan harga daging sapi memang biasa terjadi setiap menjelang lebaran dan akan kembali normal pascalebaran,” kata salah seorang pedagang daging sapi, Imam (45).

Akan tetapi hingga dua pekan setelah lebaran, kata dia, harga daging sapi masih berada di kisaran Rp130.000 per kilogram meskipun turun dari sebelum lebaran.

Menurut dia, daging sapi beku impor yang dijual Bulog dengan harga Rp85.000 per kilogram belum bisa menekan harga daging sapi segar di pasaran.

Ia mengaku khawatir harga daging sapi di Purwokerto bertahan tinggi karena sebentar lagi Hari Raya Idul Adha sehingga kebutuhan sapi hidup untuk kurban akan meningkat.

“Saya justru mempertanyakan kebijakan impor jeroan sapi yang diambil pemerintah. Jeroan rawan penyakit terutama cacing dan belatung, apalagi kesehatan sapi yang disembelih tidak diketahui secara pasti dan jaraknya cukup jauh,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan pengalaman, pada jeroan sapi hidup yang baru dipotong sering kali ditemukan cacing hati.

Kendati harga daging sapi masih tinggi, dia mengakui permintaan daging sapi dari konsumen tetap tinggi karena dalam sehari mampu menjual hingga 70 kilogram.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Perum Bulog Subdivisi Regional Banyumas Setio Wastono mengatakan harga daging sapi di pasaran sebelum lebaran sempat mencapai Rp150.000 per kilogram.

“Namun saat ini telah turun meskipun belum normal seperti sebelum puasa. Kami bersama TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Banyumas akan terus memantau perkembangan harga daging sapi di pasaran,” katanya. (jn03/ant)

BACA JUGA  Hans Drink, Minuman Herbal Kekinian Buatan Dosen ITT Purwokerto

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...