Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Jahe Gajah Pekalongan Anjlok

PEKALONGAN, Jowonews.com – Harga jahe gajah di Kabupaten Pekalongan saat ini anjlok. Sekarang harga jahe hanya mencapai sekitar Rp3 ribu per kilo gram (kg) atau turun 50 persen dibanding sebelumnya Rp6 ribu/ kilogram.

Petani jahe, Agus Susilo di Pekalongan, mengatakan bahwa sejak 2012 para petani di Kecamatan Paninggaran menekuni budi daya tanaman jahe gajah karena harga jualnya relatif tinggi dan mudah menjualnya.
“Akan tetapi, saat ini harga jahe gajah anjlok karena kualitas jahe tidak bagus akibat terserang penyakit,” katanya.

Menurutnya, semula para petani mampu panen raya hingga mencapai Rp30 juta per hektare dengan modal produksi hanya sekitar separuh atau Rp15 juta. “Akan tetapi, kini harga jahe gajah hanya sekitar Rp2.500/ kilogram hingga Rp3 ribu/ kg. Akibat tanaman jahe diserang penyakit maka hampir tanaman membusuk dan gagal panen,” katanya.

Ia mengatakan para petani sudah menyampaikan pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Instititut Pertanian Bogor (IPB) terkait dengan serangan penyakit itu.

Tim Klinik Tanaman IPB, kata dia, telah datang ke Kecamatan Paninggaran untuk melakukan pantauan langsung di lapangan serta memeriksa tanaman cengkeh yang banyak mati di wilayah itu. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...