Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Mulai Turun

SOLO, Jowonews.com –– Sejumlah komoditas pokok di Pasar Legi Solo mulai mengalami penurunan harga dengan melimpahnya pasokan dari petani dan distributor.

“Salah satunya cabai, penurunannya bertahap sejak beberapa minggu yang lalu,” kata Sri Lestari,pedagang Pasar Legi Solo, Rabu.

Untuk cabai rawit merah turun dari Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp15 ribu /kg, cabai rawit putih dari Rp10 ribu /kg menjadi Rp8.000,00/kg, dan cabai hijau besar dari Rp15 ribu/kg menjadi Rp12 ribu/kg.

Meski turun harga, diakuinya, kondisi tersebut tidak lantas menjadikan konsumen menaikkan permintaannya.

Menurut dia, justru permintaan saat ini cenderung lesu mengingat tidak ada memomentum penting yang berdampak pada kenaikan konsumsi masyarakat.

Selain cabai, komoditas lain yang juga mengalami penurunan harga yaitu bawang putih dari Rp23 ribu/kg menjadi Rp22 ribu/kg dan bawang merah dari Rp16 ribu/kg menjadi Rp10 ribu/kg.

“Padahal, bawang putih ini kan impor, tetapi harganya malah turun. Saat ini penyalurannya juga melimpah,” katanya.

Khususnya bawang merah, kata dia, sama dengan cabai untuk penurunannya juga terjadi secara bertahap.

Sementara itu, pedagang lain Sakiyem mengatakan bahwa komoditas daging ayam juga mengalami penurunan harga, yaitu dari Rp35 ribu/kg menjadi Rp33 ribu/kg.

“Dahulu ‘kan sempat lebih dari Rp40 ribu/kg, sekarang sudah stabil lagi. Memang harga daging ayam stabilnya di angka Rp32 ribu s.d. 33 ribu/kg,” katanya.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...