Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Harga Sembako Berangsur-angsur Turun

SOLO, Jowonews.com – Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat seperti gula pasir dan beras di pasar tradisional Kota Solo, Jumat (5/8) ini cenderung mengalami penurunan. Rata-rata penurunan Rp500 hingga Rp1.000 per kilogram (kg) dibanding hari sebelumnya.

Sidig (39) salah satu pedagang sembako di Pasar Tradisional Kleco Solo mengatakan, harga beberapa sembako di Pasar Kleco rata-rata masih stabil, kecuali gula pasir dan beras turun dibanding hari sebelumnya.

Menurutnya, harga gula pasir yang sebelumnya dijual Rp15.000 per kg kini turun menjadi Rp14.000/kg, sedangkan beras premium C4 kualitas super dari Rp11.000/kg kini menjadi Rp10.500/kg dan C4 biasa Rp9.000/kg menjadi Rp8.500/kg.

“Turunnya harga gula pasir dari tingkat distributor, sedangkan para pedagang hanya menyesuaikan dari harga kulakan, begitu juga beras pasokan ke pasar lancar dan persediaan cukup banyak,” ujarnya.

Waginem (50), seorang pedagang sayuran di Pasar Kleco, menjelaskan bahwa harga bawang merah dan cabai di Pasar Tradisional Kleco Solo yang sebelumnya tinggi kini sudah mendekati normal.

Misal harga bawang merah tetap stabil Rp30 ribu per kg, cabai rawit merah Rp43 ribu/kg, rawit hijau dijual Rp15 ribu/kg, cabai merah besar Rp27 ribu/kg, dan bawang putih Rp40 ribu/kg. “Jika komoditas sayuran pasokan ke pasar lancar, maka harga bisa turun,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surakarta Triyana menuturkan, harga kebutuhan barang kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Solo rata-rata stabil mendekati normal, setelah momen Lebaran harga naik. “Kami secara rutin melakukan pemantauan harga di pasar-pasar tradisional di Solo dengan menurunkan petugas,” imbuhnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...