Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Hari Ini dan Besok, Hujan Lebat Diprediksi Guyur Wilayah Jateng

SEMARANG, Jowonews- Warga Jateng yang akan beraktivitas di luar rumah hari ini, jangan lupa siapkan payung Anda. Karena hujan sedang hingga lebat akan mengguyur sejumlah wilayah di Jateng hari Senin (28/9) ini hingga Selasa (29/9) besok.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo, dalam siaran pers di Semarang, ahad 927/9), mengatakan, sejumlah aktivitas atmosfer Rossby Equatoria dan Madden Jullian Oscillation terjadi di wilayah Indonesia.

Rossby Equatorial merupakan fenomena pergerakan sistem konvektifitas udara di atmosfer yang berpropagasi ke arah barat dan melewati wilayah Indonesia.

Adapun Madden Jullian Oscillation merupakan fenomena pergerakan sistem konvektifitas udara di atmosfer yang berpropagasi ke arah timur dan melewati wilayah Indonesia.

Ia menjelaskan hal tersebut memberikan kontribusi pada peningkatan massa udara basah yang mendukung terbentuknya awan hujan dalam beberapa hari ke depan.

Kondisi tersebut, lanjut dia, juga diperkuat dengan anomali hangat suhu muka laut di perairan Indonesia.

Sejumlah daerah yang akan diguyur hujan sedang hingga lebat dengan disertai kilat dan angin kencang di antaranya Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Banyumas, Cilacap, Kebumen, Tegal, Brebes, Pemalang. Lalu Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Blora, Pati, serta Grobogan.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat diimbau tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrim tersebut.

Ia juga mengingatkan tentang potensi bencana banjir, tanah longsor serta angin kencang akibat kondisi cuaca tersebut.

BACA JUGA  BMKG Prakirakan Hujan Lebat Landa Jawa Tengah Dua Hari

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...