Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Hari ini, Pemkot Solo Gelar Pasar Murah

Beras Miskin. (Foto : VIVA)
Beras Miskin. (Foto : VIVA)
Beras

Solo, Jowonews – Untuk menekan kenaikan harga kebutuhan pokok, hari ini Sabtu (13/6), Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menggelar pasar murah dan bagi-bagi paket sembako gratis.

Rencananya, sebanyak 30 stan akan menjual berbagai macam kebutuhan menyambut dalam pasar murah tersebut. Di antaranya beras, telor, minyak goreng dan lain sebagainya.

Selain itu juga ada pakaian yang akan dijual murah. “Sasaran pasar murah ini adalah masyarakat umum terutama warga kurang mampu serta korban banjir, dalam rangka meringankan beban mereka,” tandas Kasubag Infrastruktur Perekonomian Bagian (Kabag) Perekonomian Pemkot Surakarta Jarot Hardoyo, Jumat (12/6).

Dia mengatakan tujuan pasar murah sekaligus meringankan beban masyarakat ditengah kenaikan harga kebutuhan pokok. Diakuinya harga kebutuhan pokok terus merangkak naik menjelang Ramadan dan diprediksi hingga Lebaran nanti.

Berdasarkan pantauannya, harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan seperti harga daging sapi dari sebelumnya Rp70.000 per kilogram kini menjadi Rp75.000- Rp80.000 per kilogram.

Kenaikan harga ini tidak hanya pada daging sapi, tetapi juga pada daging ayam dan telor ayam terus merangkak naik. Sedangkan untuk harga beras relatif stabil, pasar murah nantinya akan digelar di lima kelurahan lainnya.

Lima kelurahan ini menjadi pilot project Pemkot, di antaranya Kelurahan Kadipiro, Mojosongo, Jebres, Tipes dan Pajang.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang meminta kegiatan pasar murah digelar untuk masyarakat. “Pasar murah ini memang tidak efektif menekan harga kebutuhan pokok di Solo. Namun setidaknya bisa meringankan beban warga dengan kenaikan harga kebutuhan pokok,” katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Usaha dan Permodalan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinkop dan UMKM) Pemkot Surakarta, Djati Utama mengatakan kerja sama dengan Kementrian Koperasi dan UKM akan membagikan 1.000 paket sembako murah. Setiap paket sembako hanya dijual Rp15.000, dari harga normal Rp62.000.

BACA JUGA  Januari 2019, Surakarta Alami Inflasi Tertinggi di Jawa Tengah

Paket sembako ini terdiri atas dua kilogram beras, satu kilogram gula pasir, satu liter minyak goreng, satu botol kecap, dan dua pak mi telor. “Ya karena keterbatasan anggaran pelaksanaan sembako murah hanya dilaksanakan di satu titik di lapangan Banyuanyar,” katanya. (JN03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...