Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Hari Jadi Kabupaten Banyumas Ke-453 Di Warnai Dengan Kirab 4 Pusaka Kebesaran

Hari Jadi Kabupaten Banyumas

BANYUMAS – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang ke-453 disambut dengan khidmat melalui prosesi kirab empat pusaka kebesaran. Tombak Kiai Genjring, Keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja, dan Keris Kiai Sempana Bener diarak dengan megah dalam rangkaian kirab yang penuh makna. Prosesi yang dimulai dari Rumah Dinas Wakil Bupati Banyumas menuju Rumah Dinas Bupati Banyumas tersebut menyusuri Jalan Jenderal Soedirman, Purwokerto, Banyumas, sepanjang dua kilometer.

Upacara pemberangkatan, yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, menjadi awal yang sarat simbolisme. Dalam upacara yang sarat dengan nuansa kearifan lokal, Pj Bupati menyerahkan Tombak Kiai Genjring kepada Subamanggala yang diperankan oleh Camat Purwokerto Timur Kristiono, sebagai tanda dimulainya kirab bersama tiga pusaka lainnya.

Kirab dilakukan dengan megah. Pasukan pembawa Panji Lambang Daerah Banyumas memimpin jalan, diikuti oleh Subamanggala sebagai pembuka jalan, serta pasukan yang membawa empat pusaka kebesaran yang melambangkan kekuatan, keagungan, dan perjuangan sepanjang sejarah Kabupaten Banyumas. Ikut serta dalam kirab tersebut adalah tokoh-tokoh penting sejarah Banyumas, dari Bupati I hingga Bupati XXXI.

Sesampainya di Pendopo Sipanji Purwokerto, prosesi kirab tidak berakhir begitu saja. Pj Bupati memimpin upacara Palereman untuk menerima empat pusaka yang telah dikirab dengan megah.

Setelahnya, Pj Bupati mengungkapkan kegembiraannya atas antusiasme masyarakat dalam menyambut kirab tersebut. Ia menyatakan harapannya agar kirab pusaka ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi Banyumas.

Suwondo, Ketua Panitia Hari Jadi Ke-453 Banyumas, menambahkan bahwa kirab pusaka menjadi penutup yang sempurna untuk rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas. Acara ini bukan hanya untuk menghibur masyarakat, tetapi juga sebagai upaya untuk memperkaya pengetahuan masyarakat seputar sejarah dan budaya Banyumas.

BACA JUGA  Aneka Kuliner Tradisional Hingga Kekinian Dijajakan Di Festival Kuliner Banyumas 2022

Masyarakat Banyumas, seperti Eny Tri Wahyuni, menyambut prosesi kirab dengan sukacita. Baginya, kirab tersebut merupakan bentuk apresiasi yang luar biasa dari masyarakat dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang ke-453.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...