Jowonews

Logo Jowonews Brown

Harteknas Momentum Optimalkan Pengembangan Teknologi

PURWOKERTO, Jowonews.com – Peringatan hari kebangkitan teknologi nasional (Harteknas) pada 10 Agustus mendatang merupakan momentum untuk mengoptimalkan pengembangan teknologi, kata Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Ali Rokhman.

“Ini merupakan momentum untuk membangkitkan seluruh anak bangsa untuk mencintai produk bangsa sendiri, dan mengembangkan teknologi supaya sejajar dengan bangsa-bangsa lain,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Rabu.

Dia juga mengatakan bahwa Indonesia pada saat ini memiliki banyak ilmuwan yang tersebar di berbagai perguruan tinggi dengan berbagai disiplin ilmu.

“Juga banyak anak bangsa yang jadi ilmuwan di mancanegara yang harus disinergikan supaya transfer teknologi dapat semakin terwujud, terlebih lagi, pada saat ini kita tengah memasuki Revolusi Industri 4.0, bahkan Jepang sudah mencanangkan Revolusi Industri 5.0,” katanya.

Sementara itu, dia juga kembali mengingatkan bahwa pengembangan teknologi secara bertahap dapat mengurangi ketergantungan teknologi dari luar.

Dia juga menambahkan bahwa pengembangan teknologi memiliki kaitan yang sangat erat dengan dunia pendidikan di Tanah Air.

Sektor pendidikan di Indonesia, tambah dia, juga perlu memanfaatkan perkembangan teknologi dalam setiap pembelajaran.

“Pendidikan kita harus beorientasi pada penyiapan teknologi masa depan. Tujuannya agar dapat mengurangi ketergantungan teknologi dari luar,” katanya.

Namun yang terpenting, kata dia, adalah perlunya memastikan bahwa penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan telah merata di seluruh wilayah di Tanah Air.

“Penggunaan teknologi dalam sektor pendidikan harus merata, mulai dari wilayah perkotaan hingga wilayah perdesaan, dan di seluruh wilayah yang ada di Tanah Air, tujuannya adalah agar tidak ada kesenjangan dalam penggunaan teknologi,” katanya.

Selain itu, dia juga menambahkan peringatan harteknas merupakan momentum yang sangat tepat untuk meningkatkan berbagai penelitian di bidang teknologi.

“Kita juga harus terus melakukan berbagai penelitian di bidang teknologi yang bertujuan untuk menghasilkan teknologi itu sendiri,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...