Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Hindari Penyakit, Hewan Kurban Diberi Obat Cacing

TEMANGGUNG, Jowonews.com – Guna mengantisipasi penyakit pada hewan kurban, sejumlah hewan kurban diberi obat cacing. Ini untuk menghindari penyakit di saluran pencernaan.

Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung Nurul Hasanah mengatakan pengobatan yang diberikan khusus untuk cacing gelang, sedangkan obat cacing hati telah diberikan sebelumnya.

Ia mengatakan anggaran pengobatan cacing gelang berasal dari APBD provinsi dan APBN sebanyak tujuh liter, empat liter di antaranya dibagikan pada peternak sebagai penyedia hewan kurban di Kecamatan Tretep, Bansari, Gemawang, dan Wonoboyo.

Selain pembagian obat cacing gelang, di empat kecamatan itu juga sudah diberi sosialisasi tentang teknis penyembelihan hewan kurban yang benar.

“Satu liter obat cacing gelang bisa diberikan untuk 1.000 ekor domba atau 100 ekor sapi,” katanya.

Menurutnya, cacing gelang juga berbahaya karena hidup di dalam organ ternak, yakni usus sehingga mengerogoti saluran pencernaan.

“Ternak yang terserang cacing pita menjadi kurus. Pemberian obat cacing gelang pada ternak ini tidak kalah penting dari cacing hati,” tuturnys.

Sebelumnya Disperikan Temanggung juga membagikan obat cacing hati untuk 1.334 ekor sapi di Kecamatan Kranggan, Bejen, Jumo, Ngadirejo, Candiroto, dan Kaloran. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...