Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

HSNI Salurkan 60 Ton Beras ke Nelayan

BATANG, Jowonews.com – DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Batang menyalurkan 60 ton beras paceklik kepada para nelayan setempat maupun pendatang.

Ketua DPC HNSI Kabupaten Batang Teguh Tarmujo mengatakan bahwa beras paceklik ini diperoleh dari sumber pendanaan para nelayan setempat dan pendatang yang biasa melelang hasil tangkapan ikannya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Klidang, Kecamatan Batang. “Pembagian beras ini dilakukan saat nelayan memasuki masa paceklik yaitu saat hasil tangkap ikan berkurang,” katanya, Kamis (22/12).

Dikatakan, bagi nelayan aktif akan mendapatkan 5 kilogram beras, nelayan musiman 2,5 kg, janda nelayan 2,5 kg, nelayan pendatang 30 kg, nelayan Sekayu 750 kg, dan nelayan Roban Barat dan Timur 1.200 kg, serta nelayan Celong 100 kg. “Beras paceklik telah kami salurkan pada Rabu (21/12) pada para nelayan. Bagi nelayan yang belum mengambil beras paceklik bisa segera diambil,” imbuhnya.

Ditambahkan biasanya penyaluran beras paceklik ini dilakukan Desember dan Januari karena pada bulan itu kondisi perairan laut relatif akan terjadi ombak besar. “Selain itu, hasil tangkap ikan yang diperoleh nelayan juga berkurang karena pengaruh ombak besar,” tambahnya. (jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...