Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Hujan Deras, Satu Jembatan di Magelang Putus

SEMARANG, Jowonews.com – Sebuah jembatan di Desa Paripurna, putus dan beberapa titik longsor terjadi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akibat hujan yang terjadi pada Jumat (27/1) siang hingga malam hari.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Magelang, Edy Susanto, di Magelang, Sabtu, mengatakan jembatan penghubung antardusun di Desa Paripurno sepanjang 20 meter, lebar 2,5 meter putus pada Jumat sore mengakibatkan Dusun Sabrang terisolasi.

Ia menuturkan hujan yang mengguyur wilayah Desa Paripurna pada pukul 13.00-17.30 WIB menyebabkan tergerusnya senderan jembatan oleh aliran air sungai yang deras dan tinggi sekitar 4 meter.

Edy mengatakan ada akses atau jalur alternatif, aman bila dilalui oleh kendaraan roda dua, namun cukup membahayakan bila dilalui oleh kendaraan roda empat.

Selain itu, banjir bandang di Kalipucung Kulon, Kalirejo, Kecamatan Salaman mengakibatkan material banjir menyumbat Jembatan setinggi 2-3 meter.

Material Banjir menimpa rumah Samidi mengakibatan kerusakan pada bagian dinding jebol dan atap tertimpa pohon kelapa.

Ia mengakatakan akibat kejadian tersebut keluarga Samidi mengungsi ke tempat saudaranya.

Hujan yang terjadi kemarin juga mengakibatkan beberapa titik longsor di Kalipucung Kulon, Kalirejo, antara lain longsor menimpa dinding rumah Yuni Fatman dan teras rumah Wakhid.

Edy menuturkan longsor juga terjadi di beberapa titik di Kecamatan Borobudur mengakibatkan kerusakan ringan beberapa rumah.

“Dalam beberapa kejadian yang terjadi Jumat sore hingga malam hari tidak menimbulkan korban jiwa. Setelah kejadian warga bersama relawan dan BPBD berupaya menyingkirkan longsoran yang menimpa dinding rumah,” katanya. (jn03/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...