Jowonews

Logo Jowonews Brown

Hujan Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi di Cilacap

CILACAP, Jowonews.com –  Hujan ekstrem diprakirakan masih berpotensi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap Teguh Wardoyo.

“Hujan ekstrem masih berpotensi terjadi karena baru awal musim. Kalau di Cilacap sendiri ada tiga puncak musim hujan, yakni November, Desember, dan Januari,” katanya di Cilacap, Sabtu.

Ia mengatakan puncak musim hujan pada bulan November berlangsung di wilayah selatan Kabupaten Cilacap atau daerah pesisir.

Sementara di wilayah tengah Kabupaten Cilacap cenderung pada bulan Desember dan wilayah barat pada bulan Januari.

Dengan demikian, kata dia, hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrem masih berpeluang terjadi di Cilacap.

Selain itu, lanjut dia, durasi turunnya hujan pada masa puncak secara umum berlangsung lebih lama dengan intensitas lebat.

“Kalau banjir yang terjadi pada akhir pekan kemarin disebabkan oleh hujan ekstrem yang turun dalam beberapa jam,” katanya.

Oleh karena itu, Teguh mengimbau warga Kabupaten Cilacap terutama yang bermukim di daerah rawan banjir dan longsor agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana tersebut.

Disinggung mengenai prakiraan puncak musim hujan di Kabupaten Banyumas, dia memrakirakan akan berlangsung sekitar bulan Desember-Januari.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya angin puting beliung yang berpotensi terjadi pada awal musim hujan. Waspadai juga petir yang berpotesi terjadi pada musim hujan,” katanya.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap pada hari Sabtu (7/10) dilanda banjir akibat hujan ekstrem karena berdasarkan hasil pengukuran curah hujan harian di Stasiun Meteorologi Cilacap, curah hujan sejak pukul 01.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB tercatat mencapai 171,6 milimeter.

Bahkan, curah hujan pada durasi yang sama di Bandara Tunggul Wulung, Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, tercatat mencapai 298 milimeter. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...