Jowonews

Logo Jowonews Brown

IHSG Turun, Pelaku Pasar Saham Khawatir Demo 4 Nov Rusuh

JAKARTA, Jowonews.com – Rencana aksi demo 4 November di Jakarta yang akan dilakukan besar-besaran oleh organisasi Islam berdampak pada Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dimana pada Kamis (3/11) kemarin IHSG di BEI ditutup turun sebesar 75,95 poin. IHSG BEI ditutup melemah 75,95 poin atau 1,40 persen menjadi 5.329,50. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau LQ45 bergerak turun 17,48 poin (1,89 persen) menjadi 907,33.

Analis NH Korindo Securities Indonesia Muhammad Ikhsan Burhanuddin mengatakan bahwa pelemahan indeks BEI merupakan aksi ambil untung lanjutan seiring dengan pelemahan harga batubara.

“Mulai melemahnya harga batubara dijadikan momentum para investor untuk merealisasikan keuntungannya di sektor pertambangan setelah saham di sektor itu cenderung menguat dalam beberapa hari terakhir ini,” kata Muhammmad Ikhsan.

Kepala Riset Universal broker Indonesia Satrio Utomo menambahkan bahwa sebagian pelaku pasar yang khawatir terhadap aksi demostrasi 4 November melakukan aksi lepas saham. Namun, lanjut Satrio Utomo, pelaku pasar dapat memanfaatkan momentum pelemahan untuk kembali melakukan akumulasi beli saham terhadap saham-saham yang telah terkoreksi cukup dalam.

Sementara itu tercatat frekuensi perdagangan saham di BEI mencapai 323.681 kali transaksi dengan total jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 10,356 miliar lembar saham senilai Rp8,066 triliun. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...