Jowonews

Logo Jowonews Brown

Indahnya Surga Bawah Laut Labuan Bajo, Arus Besar, Penyelam Diserbu Banyak Ikan

LABUAN BAJO, Jowonews.com-Bicara Labuan Bajo yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) tak ada habisnya. Semuanya tempat wisatanya indah dan mempesona wisatawan.

Salah satunya adalah Gili Lawa yang menjadi salah satu tempat favorit  untuk melihat lamsekap yang dikunjungi peserta program Diving Fam Trip-Thailand  Operator And Media. Dari Gili Lawa wisatawan dapat melihat pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Seperti Pulau Komodo, Sebayur dan pulau-pulau lainnya. Itu tentu setelah mendaki bukit-bukit.

Wisata baharinya juga sangat luar biasa. Arusnya kencang dengan ikan-ikan besar. Tofografinya bawah laut yang mengagumkan disetiap spotnya.

Pagi-pagi sekitar pukul 08.00 WITA rombongan berangkat dari dermaga Labuan Bajo menuju Gili Lawa. Posisinya berada di sebelah utara Pulau Komodo. Setelah perjalanan kurang lebih satu jam menggunakan speed boad rombongan tiba di Gili Lawa.

Tidak menunggu lama, setelah melakukan persiapan, 7 peserta Diving Fam Trip yang dipandu Oktafiano dari Indonesia Diving Industry Association satu per satu turun langsung melakukan penyelaman di Castle Rock.

Masing-masing Piyada Monmaneerat, Brian Patrick Abrook (keduanya dari Thailand Manta Project).. Nat Sumanatemaya (Digitalay), Saruta Luangjame (Dive Me Crazy Diving Center). Suprapakorn Singjarean dan Piwat Nophiru (Dive Indeed) dan Somkid Yamalerd (The Public Broadcasting).

Selama kurang lebih 60 menit mereka menikmati surga bawah laut Castle Rock. Rombongan diving sangat beruntung sekali, karena pada saat melakukan penyelaman airnya kencang sekali. “Luar biasa sekali dan sangat indah. Airnya kencang sehingga banyak ikan besar yang datang saat kita menyelam,”ungkap Oktafiano dengan senyum bahagianya.

Menurutnya, ikan-ikan yang berhasil ditemui antaralain ikan hiu, napoleon, gt, ikan schooling. “Atraksinya ya kalau arusnya besar seperti ini. Teman-teman dari Thailan sangat terkesan sekali. Apalagi airnya juga sangat jernih,”imbuhnya.

Apa yang disampaikan Oktafiano dibenarkan oleh Piyada Monmaeerrat dan Brian Patrick Abrook. “Airnya jernih dan kencang. Saat aku datang langsung dikerubuti banyak ikan,”ungka Piyada bangga sekali.

Piyada yang didampingi kekasihnya Brian mengaku sudah melakukan diving dibeberapa tempat di Indonesia. Menurutnya, di Castle Rock memang berbeda. Terutama jenis ikannya yang sangat banyak sekali.

Peserta Diving Fam Trip dari Thailand benar terpesona dengan surga bawah laut di Labuan Bajo. Sehingga setelah melakukan diving di Castle Rock, mereka hanya istirahan sekitar satu jam.

Setelah itu mereka lembali melakukan diving di Crystal Rock dan Shotgun. Diving akhirnya selesai sekitar pukul 17.00 WITA.

Kalau kita melakukan wisata ke Gili Lawa, sebenarnya kita tidak hanya bisa menikmati wisata air saja. Kalau kita mau mendaki bukit di Gili Lawa, dipastikan akan bisa menikmati pemandangan yang luar biasa. Beberapa pulau yang ada dikawasan Taman Nasional Komodo (TNK) seperti Pulau Komodo dan lainnya akan terlihat dengan jelas.

Jaraknya sebenarnya tidak terlalu jauh. Tapi karena medan terjal, paling tidak dibutuhkan 35 menit untuk sampai puncak bukit.

Kalau kita mau datang lebih pagi, maka akan bisa menikmati momen matahari terbit. Kalau sore juga akan bisa menikmati indahnya momen matahari tenggelam. (jn01/jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...