Jowonews

Logo Jowonews Brown

Indonesia Dilarang Ikut Pilpres FIFA

ZURICH, Jowonews.com – Dampak dari banded FIFA terhadap PSSI, Indonesia dilarang memberikan suara pada pemilihan presiden (pilpres) badan sepakbola dunia tersebut. Selain Indonesia, Kuwait juga tidak mendapatkan hak suara.
FIFA secara resmi telah mengkonfirmasi bahwa dua anggotanya yang terkena skors Indonesia dan Kuwait masih dilarang untuk memberikan suara pada pemilihan presiden pada Jumat (26/2) besok.
Hal ini tentu sangat merugikan Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa yang menjadi salah satu kandidat dalam pemilihan prersiden. Sheikh Salman, anggota Kerajaan Bahrain, kini mengepalai Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), di mana Indonesia dan Kuwait merupakan anggotanya.

Ia mendapat dukungan dari komite eksekutif AFC dan mengincar blok dukungan dari benua itu pada persaingan ketat melawan penantang utamanya Gianni Infantino, yang merupakan pelaksana ketua sepak bola Eropa.

Dua pertiga suara mayoritas akan diperlukan untuk mengamankan kemenangan di putaran pertama yang kelihatannya akan sulit diraih kandidat manapun, sehingga pemilihan dapat berlangsung dalam dua putaran. Hanya diperlukan suara mayoritas untuk memenangi putaran kedua pemilihan.

Dengan dua anggota yang diskors, 207 anggota FIFA lainnya berhak mengikuti pemungutan suara pada kongres di Zurich.

Pada pertemuan yang berlangsung pada Rabu (24/2), komite eksekutif FIFA “merekomendasikan Kongres Luar Biasa dipilih pada Jumat (26/2) dengan kedua kasus akan diselesaikan pada Kongres biasa selanjutnya di Meksiko pada Mei,” demikian pernyataan FIFA.

Hal ini berarti para petinggi FIFA telah memutuskan bahwa dua skors itu tetap dikenakan, dan masalah itu akan kembali ditinjau dalam tiga bulan.

Indonesia diskors dari sepak bola internasional Mei tahun lalu setelah pemerintah berupaya untuk mengganti asosiasi sepak bola negara itu. Kuwait diskors pada Oktober karena pemerintah mereka diduga mengintervensi sepak bola di negara Teluk itu. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...