Jowonews

Logo Jowonews Brown

Indonesia Masih Ada di Industri 3.0

BANDUNG, Jowonews.com – Teknologi dalam dunia industri tumbuh begitu cepat dan selalu berganti. Begitu banyak tantangan yang harus dihadapi untuk industri 4.0, sehingga diharapkan masyarakat juga bisa mengikuti perkembangan industri yang cepat.

“Tantangan begitu banyak, multi challenge ini masyarakat harus mengerti bahwa industri akan berjalan dengan sangat efisien dengan teknologi. Pada saat terjadi efisiensi masyarakat harus bisa mencari peluang baru untuk bekerja,” kata Managing Director Nielsen Indonesia, Agus Nurudin.

Masyarakat perlu mempersiapan diri untuk menyambut industri 4.0 yang akan banyak merubah kerja dan kehidupan masyarakat.

“Dalam persiapan ini, mohon maaf yah, apa Indonesia sudah siap, para pekerja sudah siap? Karena pabrik-pabrik nantinya hanya akan dikontrol dengan cloud yang bisa dikontrol dari jarak jauh. Di pabrik misalnya, nanti hanya ada lima orang. Jujur, menurut saya itu penting untuk diikuti tapi kita harus tahu tahapan yang paling tepat di Indonesia itu tahapan yang berapa itu yang perlu kita pertimbangkan,” ujarnya.

Indonesia sekarang masih berada di tahapan industri 2.0 dan 3.0. Menurut Agus Nurudin, hanya baru ada beberapa saja yang sudah siap untuk mengikuti konsep industri 4.0.

Untuk industri 4.0 itu hanya beberapa kategori tertentu saja yang sudah siap, dengan perusahaan yang berbasis teknologi misalnya Gojek, perusahaan itu mempunyai potensi kesana dalam waktu yang cepat tapi sekarang masih di 3.0. Selain itu perusahaan Google yang ada di Indonesia.

Dia memberikan saran agar masyarakat bisa tetap eksis di dalam dunia pekerjaan, dimana mengharuskan perusahaannya untuk mengikuti perkembangan industri saat nanti.

“Yang dibutuhkan dalam industri 4.0 adalah talent-talent yang jago di bidangnya. Jika hanya mempunyai kemampuan biasa-biasa saja nah ini yang harus mencari tempat baru untuk mendapatkan pekerjaan lain,” tuturnya.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...