Jowonews

Logo Jowonews Brown

Infrastruktur Pacu Laju Ekonomi

SEMARANG, Jowonews.com – Pembangunan infrastruktur memacu pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. Realisasi proyek infrastruktur pemerintah pada akhir tahun lalu berhasil mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jateng dari 5% di triwulan III/2015 menjadi 6,1% di triwulan IV/2015.

“Realisasi proyek infrastruktur ini bukan menjadi satu-satunya faktor yang memacu pertumbuhan ekonomi. Faktor lain yang juga berperan adalah tingginya konsumsi rumah tangga dalam rangka hari raya Natal dan tahun baru,” kata Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, Iskandar Simorangkir.

Menurutnya, secara akumulasi pada tahun 2015 perekonomian Jateng tumbuh sebesar 5,4% atau lebih tinggi dibandingkan capaian tahun 2014 yang tercatat sebesar 5,3%. Adapun jika dilihat dari sisi sektoral, penyumbang utama pertumbuhan ekonomi di tahun 2015 adalah sektor industri pengolahan, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, serta sektor konstruksi.

“Peningkatan pertumbuhan ekonomi juga tercermin dari meningkatnya transaksi sistem pembayaran yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, baik tunai maupun nontunai,” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk sistem pembayaran tunai, berupa arus keluar pada bulan Desember 2015 tercatat tumbuh sebesar 37,81% secara ‘year on year’ (yoy) atau tahunan. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu sebesar 11,84%.

“Bersamaan dengan itu, transaksi sistem pembayaran nontunai berupa kliring tumbuh 30% yoy atau lebih tinggi dibandingkan bulan Desember tahun 2014 yang tercatat tumbuh sebesar 9,92%,” imbuhnya. (JN19)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...