Jowonews

Logo Jowonews Brown

Ini Daftar Tol Gratis Jakarta-Surabaya yang Bisa Dilewati Mudik Lebaran 2018

JAKARTA, Jowonews.com – Momentum mudik 2018 ini masyarakat bisa menggunakan sejumlah ruas jalan tol dengan gratis, khususnya di jalur Tol Trans Jawa. Ruas-ruas tol tersebut belum dikenakan tarif karena belum secara resmi dioperasikan, melainkan masih fungsional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mencatat untuk tol Jakarta-Surabaya yang dapat dilalui secara gratis memiliki panjang total 234 kilometer (km).

Panjang tersebut dapat digunakan secara fungsional untuk mudik tahun ini.”(Fungsional) Itu gratis,” kata Basuki di Jakarta Sabtu (5/5/2018).

Adapun rincian ruas tol gratis tersebut ialah, Pemalang-Semarang sepanjang 108,2 km. Jalur ini bisa dilalui fungsional dimana pada ruas ini terdapat Jembatan Kali Kuto yang ditargetkan selesai H-7.

Selanjutnya ruas tol Salatiga-Solo sepanjang 32,54 km yang digunakan fungsional, serta ruas Sragen-Ngawi sepanjang 55,05 km yang juga berstatus fungsional.

Basuki menambahkan untuk Tol Ngawi Kertosono ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 47,95 km sudah diresmikan oleh lalu oleh Presiden Joko Widodo. Sementara untuk ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 38,56 km bisa digunakan fungsional.

“Di akhir 2018 ruas yang fungsional akan sudah beroperasi seluruhnya. Untuk Tol Bogor Ring Road, karena hanya 2,8 km siap dioperasikan tidak perlu diacarakan secara khusus,”pungkasnya. (JWN3)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...