Jowonews

Logo Jowonews Brown

Inovasi Karya Anak Bangsa: Produksi Garam Hanya 1 Jam Saja

SOLO, Jowonews- Jika dengan cara konvensional butuh waktu berhari-hari untuk memproduksi garam, maka dengan alat karya anak bangsa ini cukup 1-2 jam saja.

Inovasi teknologi alat ini dikembangkan sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mereka menamakannya sebagai Parabolic Salt Machine.

“Berawal dari ketertarikan mengenai garam, kami berhasil membuat karya tulis berjudul ‘Parabolic Salt Machine Sebagai Inovasi Teknologi Penghasil Garam Dengan Metode Pengabutan Misty Fan Berbasis Solar Concentrator dan Cakram’ yang kemudian lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Tahun 2020 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud),” kata salah seorang mahasiswa Dji Hanafit di Solo, Selasa (25/8).

Mereka menargetkan alat yang sedang dikembangkan tersebut dapat diaplikasikan di Kabupaten Rembang. Hal ini mengingat daerah tersebut memiliki potensi menjadi penghasil garam terbesar di Indonesia.

“Selama ini potensi penghasil garam yang ada belum dapat dimanfaatkan secara optimal mengingat petani garam di Indonesia sebagian besar masih menggunakan cara tradisional,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Belum Optimal

Ia mengatakan walaupun selama ini sudah dilakukan suatu penelitian tentang teknologi untuk proses produksi garam, seperti penggunaan teknologi filter ullir, plastik geomembran, dan rumah prisma, ternyata belum mampu mengatasi permasalahan produksi garam di Indonesia.

“Berawal dari situlah saya dan teman-teman ingin membuat alat yang mempercepat produksi garam dengan kualitas yang baik,” katanya.

Ia mengatakan untuk proses pembuatan garam dengan alat yang mereka ciptakan tersebut dimulai dari proses filtrasi. Selanjutnya melewati proses pemanasan air laut menggunakan solar concentrator.

“Kemudian akan dipecah partikel airnya menjadi bagian yang kecil-kecil dan bantu hembusan angin dari misty fan. Harapannya, dari proses tersebut air garam akan lebih cepat dalam proses pengkristalannya,” katanya.

BACA JUGA  Dari Kotoran Kerbau, Mahasiswa UNS Raih Medali Emas Pada Kompetisi di Jepang

Ia mengatakan jika alat tersebut dapat terwujud maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 jam pembuatan garam saat siang hari.

“Tetapi proses penelitian ini masih terkendala oleh pandemi Covid-19. Perlu ada penelitian lebih lanjut mengenai kandungan NaCl dari garam yang dihasilkan oleh alat tersebut,” katanya.

Ia berharap nantinya alat tersebut dapat membantu petani garam dalam mempercepat dan meningkatkan proses produksi.

“Kami ingin membantu perekonomian petani garam, dengan produksinya yang lebih banyak maka bisa dilakukan ekspor. Apalagi selama ini kualitas garam kita kalah dengan garam impor. Padahal kalau bisa dimaksimalkan kualitas garam kita lebih bagus,” katanya.

Selain Dji Hanafit yang berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin (PTM), ada dua mahasiswa lain yang juga ikut andil dalam pengembangan teknologi inovasi tersebut. Yaitu Muhammad Khoirul Huda dari prodi yang sama dengan Dji dan Arini Nurfadilah dari Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...