Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Inovasi Tambal Ban Online di Kota Solo

SOLO,Jowonews.com — Pemerintah Kota Solo tengah menyiapkan fasilitas untuk seluruh warga berupa tambal ban berbasis aplikasi di ponsel pintar, alias tambal ban online yang modern.

Fasilitas ini diharapkan bisa membantu pengendara kendaraan di wilayah Kota Solo yang mengalami hambatan ban bocor di perjalanan.

Penyediaan fasilitas itu akan merangkul beberapa penyedia jasa tambal ban. “Kami akan menyediakan aplikasinya,” kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Jum’at 17 Agustus 2018.

Selain itu, Pemkot Surakarta juga akan menyediakan tujuh sepeda motor beroda tiga yang akan menjadi armada bergerak bagi penyedia jasa tambal ban. “Kendaraan itu merupakan CSR dari salah satu perusahaan,” kata Rudyatmo.

Dia menjelaskan, masyarakat yang mengalami kebocoran ban di perjalanan bisa meminta bantuan melalui aplikasi Solo Destination. Aplikasi yang memuat berbagai informasi dan panduan wisata di Kota Surakarta itu telah dikembangkan sejak empat tahun silam.

Tercatat, aplikasi itu telah terunduh di Play Store lebih dari 10 ribu kali. Rata-rata pengguna memberikan ulasan yang cukup baik sehingga aplikasi itu mendapatkan rating 4,4.

“Keberadaan pengendara akan diketahui melalui perangkat GPS,” kata Rudyatmo. Penyedia jasa tambal ban akan bergerak menuju lokasi berdasarkan informasi dari GPS tersebut.

Selain tengah menyiapkan fasilitas di aplikasi Solo Destination, Rudyatmo juga menyebut bahwa pihaknya tengah menyeleksi penyedia jasa tambal ban di Kota Solo yang akan menerima bantuan motor dan peralatan yang nilainya mencapai Rp 34,4 juta itu. Dia menyebut fasilitas itu sebagai salah satu upaya penataan kota. “Selama ini banyak tukang tambal ban yang mangkal di trotoar atau tempat umum lain,” katanya.(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...