Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Istri Salim Boleh Maju, KPU Nyatakan Bukan Petahana

 

PilkadaSEMARANG,Jowonews.com – Istri mantan bupati Rembang HM Salim, Hj Umy Jazilah dipastikan bisa maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Rembang, 9 Desember mendatang. Pasalnya, status HM Salim saat ini sudah bukan petahana lagi.

Kepastian itu disampaikan langsung Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, saat dikonfirmasi Jowonews, Senin (15/6). “Boleh (maju,red). Karena dia (HM Salim,red) sudah berhenti. Jadi bukan petahana lagi,”ungkapnya.

Diperbolehkannya Hj Umy Jazilah mencalonkan diri sebagai kepala daerah itu, mengacu katanya.

Menurut Joko Purnomo, status HM Salim sekarang bukanlah petahana lagi. Sehingga secara otomatis tidak terkena aturan tersebut. “Secara prinsip pada saat pencalonan sudah tidak menjabat kepala daerah. Berarti sudah tidak petahana,”tukasnya.

Sebagaimana diberitakan kemarin, Hj Umy Jazilah, istri mantan Bupati Rembang HM Salim, menyatakan siap diusung menjadi bakal calon (balon) Bupati Rembang dalam Pilkada 2015 Desember mendatang.

“Saya siap dan bersedia dicalonkan sebagai calon bupati Rembang dalam pilkada Desember mendatang,” tegasnya kepada wartawan di kediamannnya di Magersari, Rembang, Minggu (14/6).

Meski demikian, soal kepastian ia bersedia atau tidak ia masih menunggu keputusan KPU Pusat dan Jawa Tengah. “Insya Allah jika tidak ada hambatan saya rela melayani di Kabupaten Rembang lagi, apalagi seluruh hidup saya sudah saya wakafkan untuk masyarakat Rembang sejak 2005, saat HM Salim menjabat Bupati Rembang,” ujarnya.

Sembari menunggu keputusan dari KPU, Umy Jazilah berkeinginan menunaikan ibadah umroh bersama anak-anak, sekaligus memohon petunjuk dari Allah. “Saya akan minta petunjuk Allah, apakah niat saya (ikut pilkada) diridhoi apa tidak,” kata Hj. Umy Jazilah, yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Rembang.

Menurut dia, beberapa parpol saat ini masih intens menjalin komunikasi dengan dirinya. Begitu pula beberapa kelompok masyarakat Rembang yang rindu kepemimpinan HM Salim yang rapi dan tertata, sudah melakukan pendekatan kepada dirinya, serta memintanya maju dalam Pilkada Rembang Desember mendatang.

BACA JUGA  Tiga Paslon Janji Rampungkan Perbaikan Pasar Johar

“Saya belum memberi jawaban pasti. Namun semua saya pertimbangkan dengan matang setelah umroh nanti. Namun, saya sendiri siap diusung namun dengan syarat dapat meminta Wakil Bupati dan Sekda yang akan mendampingi sesuai dengan kebutuhan Rembang,” ucapnya.

Saat ditanya keputusannya maju dalam pilkada sudah seizin suaminya, Umy menyatakan telah mendapat persetujuan. “Saya  sudah mendapat ridho suami saya, HM Salim, Bupati Rembang Periode 2005-2014. Saya tidak akan memaksakan diri, semua tergantung Allah SWT,” tegasnya.

Sementara itu, Gustav Purnomo, pengusaha Batik Purnomo mengatakan, kabar akan majunya Hj Umy Jazilah dalam Pilkada Rembang, merupakan berita baik bagi masyarakat Rembang.

Menurut dia, Umy Jazilah memiliki banyak pengalaman saat mendampingi H. Moch Salim sebagai Bupati Rembang selama lebih dari 9 tahun. Ia berharap, Rembang akan jauh lebih maju kedepannya.

Senada diungkapkan Charis Kurniawan, Sekretaris DPC Partai Demokrat Rembang. “Semua ada mekanismenya. Namun jika Ibu Hj Umy Jazilah bersedia, beliau akan kami persilakan mendaftar melalui mekanisme untuk kemudian kita ajukan ke DPP. Tentu beberapa nama lain akan kami jaring melalui mekanisme pendaftaran, tidak hanya beliau  saja,” imbuh Charis, kemarin. (JN01)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...