Jowonews

Logo Jowonews Brown

Jafar Hafsah Akui Terima Uang dari Nazaruddin

JAKARTA Jowonews.com – Mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat Jafar Hafsah mengakui menerima uang dari mantan Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin yang berasal dari proyek e-KTP. Namun, Jafar mengaku sudah mengambalikan uang tersebut sebesar Rp 1 miliar ke KPK.

“Saya tidak tahu kenapa dana itu diberikan ke saya dan saya tidak minta dan (Nazaruddin) tidak menyampaikan uang dari mana, tapi setelah di KPK baru dikatakan uang dari e-KTP, memang kalau dianggapnya (dari e-KTP) ya kembalikan saja,” kata Jafar di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (3/4).

Dalam dakwaan disebutkan bahwa Mohamad Jafar Hafsah selaku ketua fraksi Partai Demokrat sejumlah 100 ribu dolar AS yang kemudian dibelikan 1 unit mobil Toyota Land Cruiser nomor polisi B 1 MLH. “Jadi sudah mengembalikan Rp1 miliar,” tambah Jafar.

Jafar mengaku ia selaku ketua fraksi Demokrat biasa menerima dari bendahara Demokrat saat itu yaitu Muhammad Nazaruddin.
“Biasa karena dia bendahara fraksi dan pada agustus 2010 saya menjadi ketua fraksi. Dia (Nazaruddin) adalah pengusaha besar dan kaya. Nazar menyampaikannya di kantor,” ungkap Jafar.

Uang digunakan untuk operasional Jafar sebagai ketua fraksi. “Konkrit uangnya sekitar Rp987 juta untuk kegiatan-kegiatan fraksi termasuk mengunjungi korban gempa bumi Mentawai. Saya ke sana. Termasuk juga kegiatan-kegiatan pembinaan DPRD di kabupaten,” tambah Jafar.

Sedangkan pembelian mobil Toyota Land Cruiser B 1 MLH itu. Itu mobil dari tukar tambah dengan mobil saya tipe yang sama sebelumnya, jadi ada juga uang yang tadi di situ,” ungkap Jafar. (JWN5/ant)

BACA JUGA  Warga Diminta Perbaharui e-KTP

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...